Senin, 11 Maret 2019

Cara Memulihkan atau Mengaktifkan dan Penyebab Akun Shopee Dibatasi

Akun Shopee dibatasi

KEPOINDONEISA.id - Berbelanja online saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita, selain itu berjualan online sudah tidak asing lagi khususnya di Marketplace. Salah satu Marketplace yang seller atau penjualnya memberikan harga murah yaitu Shopee, karena di Shopee sering kali memberikan ongkir gratis. Namun marketplace yang satu ini cukup tegas, jika penggunanya mencurigakan sedikit pihak Shopee tidak segan-segan membatasi akun kita dengan pemberitahuan 'Keterbatasan Akun', lebih dikenal dengan akun Shopee dibatasi.

Dampak akun Shopee dibatasi ialah sangat merugikan apalagi jika akun kalian memiliki saldo ShopeePay atau memiliki Koin Shopee yang banyak. Dampak utama yang dirasakan kalian tidak bisa menarik tunai saldo Shopee kalian atau membelanjakannya. Koin Shopee pun tidak bisa dipakai.

Tidak hanya itu akun yang dibatasi juga tidak bisa melakukan transaksi. Malah menurut saya cocoknya dibekukan bukan dibatasi, karena tidak bisa tarik tunai sampai transaksi hanya bisa dibuka saja. Sebelum itu kalian bisa melihat kode voucher Shopee terbaru tanpa masa berlaku.

Dari pihak Shopee sendiri menjelaskan Keterbatasan akun dapat dibebankan kepada pengguna yang diduga terlibat dalam salah satu kegiatan berikut ini:

  • Pemalsuan informasi penjualan
  • Penyalahgunaan Voucher
  • Penyalahgunaan Gratis Ongkir
  • Penipuan dalam bentuk apapun
  • Penyalahgunaan akun Shopee (termasuk spam)
  • Pengunggahan produk duplikat
  • Penulisan informasi yang mengarahkan Pembeli untuk bertransaksi di luar Shopee

Namun penyebab yang sering terjadi hingga akun Shopee dibatasi ialah sebagai berikut:

1. Login 1 Akun Shopee di Lebih Dari 1 Device/Perangkat

Login di lebih dari 1 device atau perangkat dapat mengakibatkan akun Shopee kalian dibatasi. Karena wajarnya 1 akun Shopee untuk 1 perangkat saja. Jika kalian ingin login di perangkat lain alangkah baiknya kalian logout dulu akun Shopee yang sedang login di perangkat atau device sebelumnya sebelum masuk di perangkat baru.

2. 1 Perangkat Digunakan Untuk Login dan Logout Beberapa Akun Shopee

Untuk penyebab yang ini sangatlah sering terjadi, istilah untuk penyebab yang ini adalah tuyul/nuyul. Banyak yang membuat banyak akun Shopee untuk berbelanja ketika ada promo seperti cashback, flash sale atau potongan harga. Untuk solusi kode OTP Shopee tidak masuk kalian bisa baca cara mengatasi kode OTP Shopee yang tidak masuk-masuk atau tidak terkirim ke nomor kita.

3. Transaksi Tidak Wajar

Hal ini terjadi jika kalian membeli produk yang sama berulang kali di alamat yang sama khususnya produk digital. Pihak Shopee menilai transaksi seperti ini tidak wajar dan akun perlu dibatasi. Transaksi yang sering menyebabkan akun dibatasi ialah membeli pulsa digital dan pulsa listrik berulang-ulang kali.

4. Penggunaan Voucher berlebihan

Selain 1 perangkat untuk login dan logout beberapa akun, penyebab yang satu ini juga sering menyebabkan akun kita dibatasi. Karena Shopee sangat sering memberikan promo dalam berbagai bentuk sehingga pada tidak sadar atau lupa diri untuk terus bertransaksi di Shopee yang menyebabkan aktifitas tidak wajar.

Itulah 4 penyebab umum yang sring menyebabkan akun Shopee dibatasi. Untuk cara memulihkan akun Shopee yang dibatasi atau cara mengaktifkan akun Shopee yang dibatasi susah-susah gampang, namun kalian wajib mencobanya terlebih dahulu.

Pihak Shopee memberikan cara banding untuk dapat membuka akun Shopee yang dibatasi. Untuk banding, kalian harus mempersiapkan dokumen-dokumen berikut ini sebelum menghubungi Customer Service Shopee.

(Untuk pembeli)

  1. Foto identitas yang sah (contoh: KTP, kartu pelajar, kartu pegawai)
  2. Bukti pembelian produk (contoh: no. resi dari penjual, foto produk yang dibeli, dan lain-lain)

(Untuk penjual)

  1. Foto identitas yang sah (contoh: KTP, kartu pelajar, kartu pegawai)
  2. Fotokopi izin usaha (jika ada)
  3. Bukti pengiriman produk
  4. Bukti bahwa Anda pernah memiliki produk tersebut (contoh: faktur supplier, resi, dan lain-lain)
  5. Informasi lengkap bisnis Anda (contoh: bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda, apakah Anda membuka bisnis Anda di platform lain, ukuran tim bisnis Anda, dan lain-lain)

Akun Shopee kalian akan ditutup permanen setelah 30 hari jika:

  1. Pengajuan naik banding tidak dilakukan dalam 30 hari, atau
  2. Pengajuan naik banding tersebut gagal

Kalian bisa mengirimkan dokumen-dokumen tadi ke Customer Service Shopee via Email. Lalu kenapa akun Penjual atau Seller juga sering kena terbatasan akun?? Saya tidak tau pasti mungkin saja ada salah satu produk yang mencurigakan atau hal yang lainnya.

Agar akun Shopee tidak dibatasi kalian cukup melakukan transaksi yang wajar atu menghidari hal-hal yang dapat menyebabkan akun Shopee dibatasi seperti yang saya tulis diatas. Jika kalian belum tau cara Top Up saldo ShopeePay kalian bisa baca cara mudah Isi saldo ShopeePay.


EmoticonEmoticon