Jumat, 08 Februari 2019

Apa itu Propaganda Rusia? Berikut Pengertian Propaganda dan Propaganda Rusia

Apa itu Propaganda Rusia? Berikut Pengertian Propaganda dan Propaganda Rusia

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini sedang viral soal Propaganda Rusia di Media Sosial dan di Acara Berita Televisi. Lalu tau kah kalian apa itu pengertian Propaganda Rusia yang sedang hangat-hangatnya ini? Apa sama Propaganda Rusia dengan Propaganda biasa? simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Propaganda?


Propaganda sendiri menurut Wikipedia yang dalam bahasa latin modern "propagare" yang berarti mengembangkan atau memekarkan adalah sebuah rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda ini tidak menyampaikan informasi secara obyektif, tetapi memberikan informasi yang dirancang untuk memengaruhi pihak-pihak yang mendengar atau melihatnya.

Memang propaganda kadang menyampaikan pesan yang benar, namun seringkali menyesatkan di mana umumnya isi propaganda ini hanya menyampaikan fakta-fakta pilihan yang dapat menghasilkan pengaruh tertentu saja. Atau lebih menghasilkan reaksi emosional daripada reaksi rasional. Tujuannya ialah 1, yaitu untuk mengubah pikiran kognitif narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.

Apa itu Propaganda Rusia?


Sedangkan Propaganda Rusia adalah teknik propaganda yang memiliki ciri khas melakukan kebohongan-kebohongan nyata (obvius lies) guna membangun ketakutan publik. Tujuan dari penggunaan Propaganda Rusia untuk mendapatkan keuntungan posisi politik sekaligus menjatuhkan posisi politik lawannya yang dilakukan tidak hanya satu kali,melainkan secara terus menerus (repetitive action).

Propaganda Rusia ini lebih dikenal dengan "Firehouse of Falsehood". Propaganda Rusia sebenarnya sama saja dengan Propaganda, namun karena Propaganda pernah digunakan oleh pemerintahan Rusia untuk mempromosikan pandangan, persepsi atau agenda pemerintah Rusia termasuk Media seperti outlet yang dikelola pemerintah dan teknologi online makanya Propaganda ini disebut Propaganda Rusia.

Jadi jika ada penggunaan Propaganda seperti yang digunakan di pemerintahan Rusia bisa disebut dengan Propaganda Rusia. Untuk metode Propaganda ini ada 3 metode yaitu Metode Koersi, Metode Persuasif, dan Metode pervasif. Untuk detail masing-masing mtode sebagai berikut:

  • Metode Koersif: Metode ini menggunakan sebuah komunikasi dengan cara menimbulkan rasa ketakutan bagi komunikan agar secara tidak sadar bertindak sesuai keinginan komunikator
  • Metode Persuasif: Metode ini menggunakan sebuah komunikasi dengan cara menimbulkan rasa kemauan secara sukarela bagi komunikan agar secara tidak sadar dengan seketika dapat bertindak sesuai dengan keinginan komunikator
  • Metode pervasif: Metode ini menggunakan sebuah komunikasi dengan cara menyebarluaskan pesan serta dilakukan secara terus menerus/berulang-ulang kepada komunikan sehingga melakukan imitasi atau menjadi bagian dari yang diinginkan oleh komunikator

Itulah Pengertian Propaganda dan Propaganda Rusia. Propagandan dan Propaganda Rusia memiliki arti dan tujuan yang hampir sama namun cara melakukannya yang agak berpeda. Mungkin jika ada beberapa kekeliruan mohon dimaklumi karena tulisan diatas saya rangkum dari beberapa sumber yang menurut saya terpercaya dan saya tulis kembali sesingkat-singkatnya dan sejelas-jelasnya.

Intinya saya ingin memberitahukan kepada kalian apa itu Propaganda Rusia dan Propaganda supaya jika kalian melihat postingan atau berita soal kedua Propaganda tersebut kalian dapat mencerna berita tersebut secara baik dan benar karena sudah tau artinya.


EmoticonEmoticon