Minggu, 09 Desember 2018

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Update WordPress Lama ke WordPress 5.0 Gutenberg

WordPress 5.0 Gutenberg

KEPOINDONESIA.id - WordPress 5.0 sudah dirilis tanggal 6 Desember kemarin, termasuk editor Gutenberg dan theme WordPress standar baru "Twenty Nineteen". Pembaruan membawa sejumlah perubahan besar, terutama pengalaman editor baru. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum kalian menekan tombol pembaruan di dasbor.

Apa itu Gutenberg?


Gutenberg adalah upaya dari pihak WordPress untuk mengikuti perkembangan pembangun situs DIY (Do It Yourself) yang populer seperti Weebly, Squarespace, dan Wix.

Apa yang harus saya pertimbangkan sebelum memperbarui ke WordPress 5.0?


Karena editor baru hadir dengan beberapa perubahan besar pada pengalaman WordPress, tema dan plugin harus disiapkan untuk WordPress 5.0 serta editor Gutenberg nya sendiri. Kalian harus memeriksa apakah plugin dan tema yang kalian gunakan sudah siap dengan WordPress 5.0 atau belum.

Berikut Tips atau Saran sebelum kalian meng update WordPress lawas kalian ke WordPress 5.0.


Hal yang harus diperiksa sebelum update Wordpress 5.0


Apakah tema kalian siap untuk Gutenberg?

Pastikan bahwa tema yang kalian gunakan sudah disiapkan untuk editor baru. Theme Developer dan Plugin Developer sebenarnya sudah menyiapakan produknya untuk WordPress 5.0 dari jauh-jauh hari, namun kode dari Gutenberg terus berubah yang menyebabkan pihak developer kesulitan. Jadi pastikan Theme WordPress kalian sudah siap atau mendukung WordPress 5.0.

Periksa plugin yang terinstall untuk kompatibilitas WordPress 5.0

Banyak plugin perlu melakukan perubahan untuk mendukung editor baru di WordPress 5.0 ini, dan sebagian besar plugin sudah menyiapkan pembaruan atau update. Periksa rincian informasi plugin di direktori plugin WordPress.org untuk mencari tahu apakah plugin sudah diuji di WordPress 5.0 atau belum.

Apakah kalian menggunakan WordPress untuk situs web bisnis?

Jika kalian memiliki situs web bisnis yang berjalan di WordPress, direkomendasikan untuk menunggu hasil uji coba WordPress 5.0 di web bisnis terlebih dahulu. Dengan cara ini kalian dapat yakin bahwa semuanya bekerja dengan benar sebelum melakukan pembaruan WordPress 5.0.

Apakah kalian memiliki toko online?

Jika kalian menjalankan toko online di WordPress, kalian mungkin lebih baik menunggu sampai setelah Natal berakhir sebelum memperbarui ke WordPress 5.0. Dianjurkan juga untuk menguji situs web kalian termasuk plugin dan tema dalam lingkungan pengujian.

Update WordPress 5.0 dengan benar


1. Tunggu diperbarui hingga Januari 2019

Plugin dan tema mungkin akan lebih siap untuk WordPress 5.0 pada saat itu, ini karena setiap apapun pasti memiliki masalah, error, ataupun bug. Jadi, lebih bijaksana kalian menunggu agak lama terlebih dahulu sambil berkeliling forum untuk mencari informasi tentang WordPress 5.0.

2. Perbarui ke WordPress 5.0 tetapi tetap menggunakan Editor Klasik

Pilihan alternatif adalah memperbarui ke WordPress 5.0, tetapi tetap gunakan editor WordPress klasik untuk saat ini. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menginstal plugin WordPress editor Klasik.

Ini adalah ide yang bagus jika tema/plugin kalian belum disiapkan untuk editor baru. Juga, jika tema dan /atau plugin kalian tidak lagi memiliki pembaruan dan kalian harus mencari tema dan/atau plugin baru.

Jika kalian memiliki sejumlah posting yang disimpan sebagai konsep dalam editor standar, itu juga merupakan ide yang baik untuk mempublikasikannya terlebih dahulu di editor klasik sebelum beralih ke editor Gutenberg baru.

3. Perbarui ke WordPress 5.0 dan gunakan editor baru hanya untuk bagian-bagian tertentu saja

Dengan menginstal plugin Gutenberg Ramp, kalian dapat memutuskan area mana yang ingin menggunakan editor baru dan di mana kalian ingin menyimpan editor Klasik. Misalnya, kalian dapat menggunakan editor Gutenberg untuk posting saja, tetapi tetap menyimpan Editor Klasik untuk halaman atau jenis posting kustom lainnya.

4. Perbarui ke WordPress 5.0 dan mulai gunakan editor Gutenberg

Jika tema kalian dan semua plugin telah disiapkan untuk WordPress 5.0 , kalian diharuskan membiasakan diri dengan editor baru (Kalian dapat mencoba editor baru di situs web Test Gutenberg), karena plugin Editor Klasik pun hanya akan sampai tahun 2022, dan seterusnya akan memakai Gutenberg.

Walaupun saya masih menggunakan Blogger, namun saya akan tetap berbagi soal WordPress. Padahal saya rencana akan membuat sebuah website di WordPress dalam waktu dekat, namun karena ada info tentang WordPress 5.0 ini saya undur niat saya untuk mencoba WordPress. Semoga rencana saya membuat website di WordPress terlaksana entah kapan, namun saya akan membuat website lebih ke Knowledge, tidak hanya sebuah blog tutorial saja.


EmoticonEmoticon