Rabu, 19 Desember 2018

Cara Cek NISN Secara Online Dengan Mudah

Cara Cek NISN Secara Online Dengan Mudah

KEPOINDONESIA.id - NISN merupakan sebuah Kartu dan Nomor yang berguna selama kita bersekolah atau menempuh pendidikan. Baik dari Paud, SD, SMP, SMK/SMA dan jenjang-jengjang Pendidikan diatasnya. Lalu apasih NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional itu?

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, serta berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia maupun Sekolah Indonesia yang di Luar Negeri. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Tujuan dan Manfaat NISN

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah-Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, dan SNMPTN. 

Namun NISN ini sering diabaikan oleh siswanya sendiri dan pihak orang tua, karena sudah sering sekali kejadian Kartu NISN hilang dan siswa itu sendiri tidak mempunyai simpanan No. NISN tersebut ataupun lupa.

Biasanya untuk kasus No. NISN yang hilang, pihak sekolah menyarankan untuk mengunjungi pihak Sekolah sebelumnya untuk mengecek No. NISN yang telah terdaftar. Namun sekarang tidak usah lagi, kini kita bisa mengecek NISN siswa yang hilang secara Online dengan Mudah.

Berikut ada 2 Cara untuk mengecek atau mengetahui NISN atau Data siswa secara Online di Dapodik (Data Pokok Pendidikan):


Cek NISN berdasarkan Data Diri


1. Kunjungi situs DAPODIK dari KEMDIKBUD, yaitu di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Setelah dihalaman depan, silakan pilih Pencarian Berdasarkan Nama


Pilih Pencarian Berdasarkan Nama

3. Selanjutnya masukan data diri kalian, mulai dari Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Setelah diisi dengan benar lalu klik tombol Cari


Isi Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir

4. Jika berhasil, maka akan keluar No. NISN yang sesuai dengan data yang kalian isikan tadi. Jika tidak berhasil pastikan data-data yang dimasukan di kolom tadi sudah benar dan valid

Jika berhasil akan muncul No. NISN kalian


Cek data diri siswa menggunakan NISN


1. Kunjungi situs DAPODIK dari KEMDIKBUD, yaitu di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Setelah di halaman depan, masukan No. NISN yang ingin di cek di kolom Masukan NISN Siswa, lalu klik Cari

Masukan NISN Siswa

3. Jika berhasil, maka akan keluar data diri siswa seperti Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. Jika gagal atau tidak berhasil, pastikan No. NISN yang dimasukan benar yaitu berjumlah 10 digit

Jika berhasil, maka akan keluar data diri siswa seperti Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. Jika gagal atau tidak berhasil, pastikan No. NISN yang dimasukan benar yaitu berjumlah 10 digit

Itulah tutorial cara cek NISN, jadi jangan sampai hilang kartu NISN yang telah kalian punya. Karena biasanya NISN akan ditanyakan oleh pihak sekolah jika kita mendekati kelulusan dan NISN juga merupakan syarat untuk Ujian yang menyatakan bahwa kalian memanglah seorang peserta didik.


EmoticonEmoticon