Hashtag Untuk Bertanya di Grup dan Forum


KEPOINDONESIA.id - Sekarang ini sudah banyak grup atau forum yang bisa kita gunakan sebagai media belajar serta untuk mencari pengetahuan. Baik di forum website seperti kaskus.com, forumbitcoin.co.id, ads.id atau pun forum atau grup yang ada di Facebook. 

Kita lebih baik bergabung atau nongkrong di grup atau forum daripada chatting dengan orang yang kita tidak kenal di Sosial Media. Di forum pun juga bisa dibilang seperti di sekolah atau di les privat. Grup dan forum biasanya ada guru, atau orang yang mengerti dengan topik yang dibahas di forum tersebut. 

Biasanya orang tersebut disebut Suhu atau Master. Semua anggota grup bisa jadi Suhu atau Master jika sudah paham betul tentang topik yang di bahas di grup tersebut. Suhu atau Master tidak selalu seorang Admin atau Moderator, Admin atau Moderator juga tidak selalu Suhu atau Master. 

Bisa dibilang member-member biasa yang kebanyakan menjadi Suhu dan Master. Hastag/Hashtag/Tagar juga sering digunakan di postingan atau status di Twitter dan Instagram. Nah jika kalian ingin mendapatkan manfaat lebih saat bergabung di sebuah grup atau forum, kalian harus selalu menggunakan hashtag/hastag saat memposting agar para Suhu atau Master berkomentar di postingan kalian. 

Hashtag sendiri berasa dari kata tag dan pagar. Tanda tagar adalah tanda pagar yang diletakkan di awal kata atau frasa yang di input pada jejaring sosial, ini adalah bentuk metadata tag. Untuk itu berikut beberapa tag atau tagar yang bisa kalian gunakan saat bertanya di grup atau forum. 

#ASK


Hashtag ini digunakan jika kita ingin bertanya sesuatu. Tapi hashtag #ask juga bisa digunakan untuk meminta bantuan.

#OOT


Hashtag #oot (Out of Topic) ini digunakan jika kita memposting hal yang diluar topik grup. Misalnya kita bergabung di grup Pecinta Kucing, dan kebetulan kita sedang membutuhkan sesuatu atau informasi yang penting. Berhubung kita seringnya nongkrong di grup Pecinta Kucing dan sudah banyak kenalan, kalian bisa memposting hal yang tidak ada hubungannya dengan kucing dengan tagar #oot.

#SHARE


Hashtag ini digunakan jika kita ingin berbagi sesuatu, atau sebuah informasi yang sedang viral dan ingin kalian tanyakan kebenarannya ke grup yang kalian inginkan.

#HELP


Hashtag #help ini digunakan jika kita ingin meminta bantuan.

#WTB


Hashtag #wtb (Want to Buy) digunakan jika kita ingin membeli sesuatu di grup tersebut.

#BUY


Hashtag #buy sama saja dengan #wtb, terkadang tiap-tiap grup menerapkan salah satu dari #buy atau #wtb.

#WTS


Hashtag #wts (Want to Sell), hashtag ini digunakan jika kita ingin menjual sesuatu di grup tersebut.

#SELL


Hashtag #sell sama dengan #buy, yaitu bagian dari #wts. Tiap-tiap grup biasanya menerapkan hashtag yang berbeda beda. Jika #wtb pasti dengan #wts, jika #buy pasti dengan #sell.

#FYI


Hashtag ini sebenarnya sama seperti #share, namun #fyi (For Your Information) lebih ke pengetahuan.

Itulah beberapa Hastag/Hashtag yang umum digunakan, biasanya masing-masing grup atau forum memiliki hashtag tambahan tersendiri yang hashtagnya di kolaborasi dengan singkatan grup atau forum. 

Bertanya ke grup atau forum menggunakan hashtag merupakan hal yang harus kalian coba, karena nanti anggota atau member lain akan tau inti dari postingan kalian.Semoga kalian terbantu dengan penjelasan saya di atas. 


EmoticonEmoticon