Senin, 10 Desember 2018

Cara Bertanya di Grup atau Forum Dengan Benar dan Hastag Yang Sering Digunakan di Forum atau Grup

Hastag/Hashtag/Tagar

KEPOINDONESIA.id - Sekarang ini sudah banyak grup atau forum yang bisa kita gunakan sebagai media belajar serta untuk mencari pengetahuan. Baik di forum website seperti KASKUS.com, FORUMBITCOIN.co.id, ADS.id atau pun forum atau grup di Facebook. Kita lebih baik bergabung atau nongkrong di grup atau forum daripada chattingan dengan orang yang kita tidak kenal di Sosial Media.

Di forum pun juga bisa dibilang seperti disekolah atau di les private. Di grup atau forum biasanya ada guru, atau orang yang mengerti dengan topik yang dibahas di forum tersebut. Biasanya orang tersebut disebut Suhu atau Master. Semua anggota grup bisa jadi Suhu atau Master jika sudah paham betul tentang topik yang di bahas di grup tersebut.

Biasanya Suhu atau Master tidak selalu seorang Admin atau Moderator, Admin atau Moderator juga tidak selalu Suhu atau Master. Bisa dibilang member member biasa yang kebanyakan menjadi Suhu dan Master. Hastag/Hashtag/Tagar juga sering digunakan di postingan atau status di Twitter dan Instagram.

Nah jika kalian ingin mendapatkan manfaat lebih saat bergabung disebuah grup atau forum, kalian harus selalu menggunakan hashtatg/hastag saat berposting agar para Suhu atau Master berkomentar di postingan kalian. Hastag/Hashtag/Tagar sendiri adalah lakuran dari kata tag dan pagar. Tanda tagar adalah tanda pagar yang diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada jejaring sosial. Ini adalah bentuk metadata tag.

Berikut ini adalah Hastag atau tagar yang umum digunakan di Forum atau Grup

#ASK

Hastag ini digunakan jika kita ingin bertanya sesuatu. Tapi hastag #ask juga bisa digunakan untuk meminta bantuan.

#OOT

Hastag #oot (Out of Topic) ini digunakan jika kita memposting hal yang diluar topik grup. Misalnya kita bergabung di grup Pecinta Kucing, dan kebetulan kita sedang membutuhkan sesuatu atau informasi yang penting. Berhubung kita seringnya nongkrong di grup Pecinta Kucing dan sudah banyak kenalan, kalian bisa memposting hal yang tidak ada hubungannya dengan kucing dengan hastag #oot itu.

#SHARE

Hastag ini diguinakan jika kita ingin berbagi sesuatu, atau sebuah informasi yang sedang viral dan ingin kalian tanyakan kevalidtannya ke grup yang kalian inginkan.

#HELP

Hastag #help ini digunakan jika kita ingin meminta bantuan.

#WTB

Hastag #wtb (Want to Buy) digunakan jika kita ingin membeli sesuatu di grup tersebut.

#BUY

Hastag #buy sama saja dengan #wtb, terkadang tiap-tiap grup menerapkan salah satu dari #buy atau #wtb.

#WTS

Hastag #wts (Want to Sell), hastag ini digunakan jika kita ingin menjual sesuatu di grup tersebut.

#SELL

Hastag #sell sama dengan #buy, yaitu bagian dari #wts. Tiap-tiap grup biasanya menerapkan hastag yang berbeda beda. Jika #wtb pasti dengan #wts, jika #buy pasti dengan #sell.

#FYI

Hastag ini sebenarnya sama seperti #share, namun #fyi (For Your Information) lebih ke pengetahuan.

Itulah beberapa Hastag/Hashtag yang umum digunakan, biasanya masing-masing grup atau forum memiliki hashtag tambahkan, yang hashtagnya dikolaborasi dengan singkatan grup atau forum tersebut. Bertanya ke grup atau forum menggunakan hashtag merupakan hal yang harus kalian coba, karena nanti anggota atau member lain akan tau inti dari postingan kalian.


EmoticonEmoticon