Jumat, 16 November 2018

6 Tempat Wisata Surga Dunia di Buru Selatan, Maluku Yang Belum Terexplore

Buru Selatan

KEPOINDONESIA.id - Pesona dan daya tarik wisata di Kabupaten Buru Selatan ini bisa dibilang tidak kalah dengan daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia. Buru Selatan yang terletak di Provinsi Maluku ini menawarkan keindahan serta panorama alam. Dengan berbagai aneka ragam hayati, flora dan fauna, seni dan budaya serta keramah tamahan masyarakatnya dengan ciri khas adat istiadat setempat.

Bumi Fuka Bipolo, sebutan dari masyarakat Kabupaten Buru Selatan kepada tanah kelahiran mereka. Salah satu bagian dari Pulau Buru ini memang belum banyak tersentuh oleh masyarakat luas. Keindahan yang masih natural dan alami membuat tempat-tempat di Buru Selatan ini bagaikan Surga dunia. Sangat di sayangkan memang tempat- tempat di Buru Selatan ini belum terexplore oleh masyarakat luas.

Namun dengan belum tersentuhnya tempat-tempat wisata di Buru Selatan ini menjadikan banyak tempat yang masih terjaga ke asliannya. Dengan demikian masyarakat sekitar ataupun pemerintah sekitar dapat mempersiapkan tempat-tempat di Buru Selatan ini sebagai tempat wisata ternama sebelum banyak pengunjung yang berdatangan. Sebagai contoh perbaikan akses menuju lokasi, tempat parkir kendaraan serta rambu-rambu yang harus di patuhi di termpat tersebut.

Untuk itu, berikut ini adalah 6 tempat-tempat terindah yang patut kalian ketahui dan kunjungi di Buru Selatan, keindahan yang terpojok yang perlu kita ketahui.

1. Pantai Wamsoba


Pantai Wamsoba

Pantai Wamsoba adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Buru Selatan karena keindahannya. Pantai yang terletak di Desa Wali, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku, ini menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih bersih dengan air lautnya yang jernih kebiru-biruan.

Di pantai yang masih sangat alami dan sepi ini kalian dapat bersantai dengan tenang dan nyaman sambil melihat pemandangan indah Pulau Oki, pulau yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya yang sangat menawan.

Selain itu di Pantai Wamsoba kalian dapat Menikmati Panorama Sunset Pantai Wamsoba yang sangat indah dan menakjubkan, atau menjelajahi alam bawah laut Pantai Wamsoba yang penuh dengan keindahan bawah lautnya.

2. Pulau Tomoho


Pulau Tomoho

Pulau Tomoho merupakan salah satu Pulau Indah di Indonesia yang terletak di Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku. Pulau ini oleh masyarakat sekitar dikatakan memiliki arti "Kewang Darat" atau "Penjaga Pulau" di Pulau Tomoho.

Pulau Tomoho memiliki panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan untuk dinikmati, dengan pantai berpasir putih serta panorama sunset yang sangat indah. Pesona alamnya yang masih sangat alami menjadikan Pulau Tomoho menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Kabupaten Buru Selatan yang wajib untuk kalian jelajahi keindahannya.

3. Air Babunyi


Air Babunyi

Air Babunyi atau penduduk setempat sering menyebutnya dengan "Wae Gogon" adalah salah satu tempat wisata menarik di Kabupaten Buru Selatan yang wajib kalian kunjungi saat berlibur ke Provinsi Maluku. Menurut sejarah penduduk setempat, tempat ini dijaga oleh seorang putri muda. Lokasi Air Babunyi sendiri hanya berjarak 500 meter dari Leksula yang dapat kalian capai dengan menggunakan Speedboat.

4. Air Jin


Air Jin

Air Jin adalah salah satu tempat wisata yang unik di Kabupaten Buru Selatan yang dinominasikan sebagai salah satu Tempat Wisata Unik Terpopuler 2017 oleh Kemenpar dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017. Tempat ini yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pulau Tomoho yang dapat dicapai dengan menggunakan speedboat atau perahu tradisional setempat.

Keunikan dari Air Jin adalah kalian dapat menyaksikan sumber airnya keluar dari dalam sebuah lubang batu karang di kaki-kaki Gunung Kepala Madan. Menurut mitos yang beredar dari masyarakat setempat, bahwa air ini dilindungi oleh tiga orang putri yang konon hidup di Gunung Kepala Madan.

5. Pantai Leksula


Pantai Leksula

Pantai Leksula adalah salah satu tempat wisata terbaik ke 5 di Kabupaten Buru Selatan yang dapat kalian jelajahi saat berkunjung ke Maluku. Pantai yang indah alami ini menawarkan hamparan pasir putih bersih halus dengan air lautnya yang jernih berwarna hijau kebiru-biruan.

Dengan kondisi pantai yang landai serta lebar ini sangat cocok untuk kalian yang ingin bersantai di tepi pantai sambil berenang, diving, snorkeling ataupun hanya sekedar berjemur di bawah sinar matahari sambil menikmati keindahan gunung disekitar pantai serta awan putih yang selalu menyelimuti pantai tersebut.

6. Pantai Masnana


Pantai Masnana

Pantai Masnana merupakan salah satu pantai berpasir putih yang terletak di Dusun Masnana, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku. Dusun ini sebelumnya dikenal dengan nama "Bohi" yang berarti bawah atau hilir. Namun berdasarkan pertimbangan dari tetua adat setempat, namanya kemudian diganti menjadi Masnana.

Di Pantai Masnana kalian dapat menikmati pesona pantai yang nyaman dan tenang sambil melakukan aktivitas berenang, diving, snorkeling atau berjemur matahari.


EmoticonEmoticon