Rabu, 03 Oktober 2018

Penulisan Surat Lamaran Untuk Mendaftar CPNS

Ilustrasi menulis surat lamaran

KEPOINDONESIA.id - Saat pendaftaran CPNS 2018 pada 26 September 2018, pelamar wajib membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Daerah setempat. Jika mendaftar CPNS untuk pegawai Pemprov Jatim, maka surat lamaran juga ditujukan kepada Gubernur Jatim. Jika mendaftar CPNS untuk pegawai Pemprov Jateng, maka surat lamaran juga ditujukan kepada Gubernur Jateng.

Selain itu, surat lamaran juga harus ditandatangani dengan kertas bermaterai Rp 6.000. Tanda tangan ini bertinta hitam. Tapi surat lamaran yang seperti apa yang di tujukan kepada Kepala Daerah setempat? Surat lamaran tertulis atau surat laman yang diketik?. Sebelum itu simak perbedaan surat lamaran yang ditulis tangan dan surat lamaran yang di ketik menggunakan komputer.

Kelebihan dari Surat Lamaran Kerja yang ditulis manual menggunakan tangan antara lain :
  1. Dari segi teknis (ditinjau dari pihak pelamar kerja) menulis secara manual hanya membutuhkan peralatan yang sangat sederhana yaitu Kertas Folio Bergaris, Bollpoint warna hitam (pada umumnya), Penggaris, dan Tipe X (penghapus tinta pena) sehingga semua orang bisa menulis surat lamarannya sendiri, sebab mungkin saja saat ini belum semua orang memiliki perangkat ketik modern seperti komputer atau laptop.
  2. Beberapa perusahaan lebih senang dengan surat lamaran kerja yang ditulis tangan oleh pelamar dengan alasan untuk menilai siapa dan bagaimana sebenarnya si pelamar kerja itu.

Sedangkan kekurangan menulis Surat Lamaran Kerja secara manual yaitu :
  1. Jika terjadi kesalahan penulisan kata-kata maka harus dihapus menggunakan tipe x baru bisa diganti dengan tulisan yang benar. Beberapa orang ada yang sering melakukan kesalahan eja dalam menulis (salah menuliskan huruf) sehingga akan banyak coretan ataupun bekas tipe x pada surat lamaran tersebut.
  2. Dalam melakukan penulisan harus lebih teliti dan cermat, karena pihak perusahaan mungkin akan menilai anda kurang baik jika surat lamaran anda kotor, banyak coretan ataupun banyak bekas tipe x.
  3. Pengaturan Margin hanya bisa dilakukan manual menggunakan penggaris. Yang artinya bentuk tidak akan simetris.

Tips Menulis Lamaran Secara Manual / Tulis Tangan

1. Gunakan Bahasa yang Formal, dengan pemilihan kata dan rangkaian kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele. Atur margin agar tulisan terlihat rapi, bisa memberikan batasan kiri dan kanan menggunakan penggaris yang telah disiapkan.

2. Tulis dengan hati-hati, cermat dan teliti agar tidak terjadi banyak kesalahan dalam penulisan.

3. Usahakan tidak ada tulisan sama sekali yang di coret atau di Tipe X.

4. Pastikan lembaran kertas folio untuk menulis bersih seperti baru (tidak ada noda / coretan) dan utuh / tidak terlipat-lipat.

5. Usahakan tulisan anda serapi mungkin. Untuk pengaturan Margin secara manual pada kertas folio, bisa menggunakan batasan 2,5 titik atas sejajar 2,5 titik bawah (bagian kiri) dan 2 titik atas sejajar 2 bawah (bagian kanan). Jadi bisa diperkirakan batas kiri 2,5 cm dan batas kanan 2 cm untuk memudahkan menulis agar tulisan terlihat lebih rapi.

Selanjutnya, Penulisan Surat Lamaran Untuk Mendaftar CPNS 2018 yang ditulis dengan tangan atau surat lamaran yang diketik menggunakan komputer yang dibutuhkan pada proses pendaftaran CPNS 2018 ??. Tidak ada informasi yang pasti soal ini, tetapi itu di serahkan kepada masing-masing Instansi yang membuka lowongan di CPNS 2018. Ada Instansi yang menginginkan pelamarnya menulis surat lamaran secara manual, dan ada juga yang diketik lewat komputer. Jadi kalian tanyakan kepada Instansi yang kalian tuju dan tanyakan soal surat lamaran tersebut.


EmoticonEmoticon