Selasa, 23 Oktober 2018

Pengertian Tauhid dan 3 Macam Pembahasan Ilmu Tauhid

Ilustrasi Kalimat Tauhid

KEPOINDONESIA.id - Kemarin, 22 Oktober 2018 yang merupakan Hari Santri Nasional terdapat sebuah insiden pembakaran bendera yang bertulisan Kalimat Tauhid. Pembakaran tersebut dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab saat perayaan Hari Santri Nasional itu berlangsung. Tapi taukah kalian apa itu yang dimaksud Tauhid?

Menurut Wikipedia, Tauhid (Arab : ﺗﻮﺣﻴﺪ) adalah sebuah konsep dalam aqidah Islam yang menyatakan keesaan Allah. Pembahasan dalam Ilmu Tauhid sendiri dibagi 3 macam, yaitu Tauhid Rububiyah, Uluhiyah dan Asma' wa Sifat.

Tauhid Rububiyah


Yakni dia yang mengimani bahwa Allah satu-satunya yang bersendirian dalam perbuatan-Nya; kita harus meyakini bahwa Allah satu-satunya yang mencipta, meyakini bahwa Allah satu-satunya yang menghidupkan dan mematikan, yang memberi rezeki, yang memberikan manfaat kepada manusia ataupun yang menurunkan musibah kepada manusia, yang melindungi manusia. Ini semua adalah Rububiyyah Allah.

Tauhid Uluhiyah


Yakni mengesakan Allah, menyendirikan Allah dalam peribadahan. Segala jenis ibadah, sepanjang dia disebut ibadah dalam agama, maka ibadah tersebut hanya diperuntukkan untuk Allah – ﺳﺒﺤﺎﻧﻪﻭﺗﻌﺎﻟﻰ -, tidak boleh diperuntukkan untuk selain Allah.

Tauhid Asma’ wa Sifat


Yakni kita mengimani nama-nama dan sifat Allah, yang Allah mensifatkan dirinya dengan nama dan sifat tersebut, dan Rasulullah juga mensifatkan Allah dengan nama dan sifat tersebut.

Itulah arti singkat dari ke-3 macam Tauhid tersebut. Semoga kalian mengerti apa Tauhid itu, dan sangat disayangkan jika ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membakar bendera yang bertulisan Kalimat Tauhid.


EmoticonEmoticon