Senin, 29 Oktober 2018

Cara Mengatasi Kesalahan 9 Saat Custom Domain Dengan Sekali Klik

Ilustrasi membeli domain

KEPOINDONESIA.id - Bagi bara Blogger parkir atau custom domain sangatlah penting untuk menunjang blog mereka. Baik di Blogger.com maupun di Wordpress.org atau CMS lainnya. Dengan kita mencustom domain, menunjukkan bahwa blog atau website dikelola dengan serius oleh pemiliknya.

Sebelum itu, Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah server komputer seperti web server atau email server. Atau juga bisa nama URL web kita yang bisa kita pilih sesuka hati. Untuk dapat memilih nama domain yang kita suka, kita harus mencari domain yang masih tersedia dan membelinya. Domain sendiri tidaklah murah, contoh domain .id bisa sampai 250 ribu, dan untuk .com sekitar 150 ribu.

Banyak juga situs yang menyediakan domain gratis atau free, seperti .tk dan .ga. Untuk membeli domain, kalian bisa membeli di Situs Penyedia Hosting yang kalian suka. Untuk domain sendiri bisa beli di Google (domain Google), Google juga menyediakan pembelian domain sekarang atau bisa di Pandi untuk domain inisial .id, seperti web.id, my.id, or.id dan co.id. Untuk saya sendiri beli di Rumahweb.

Kesalahan 9

Tapi saat parkir atau custom domain sering terjadi error yang tidak kita inginkan, terutama bagi yang baru pertama parkir domain. Error yang sering terjadi adalah "kesalahan 9". Kesalahan 9 sering terjadi pada saat langkah terakhir, yaitu saat menyimpan domain yang telah kita setting sebelumnya. Biasanya error ini muncul dengan tulisan "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 9".

Sebenarnya sangatlah mudah untuk mengtatasi kesalahan 9 ini, kita tidak perlu menunggu 1-3 jam atau 1x24 jam. Karena biasanya penyedia layanan hosting menyarankan untuk menunggu setelah selesai menyetting domain tersebut.

Berikut ini cara mengatasi kesalahan 9 yang terjadi saat kustom domain, terutama di blogspot by blogger.

1. Silahkan kalian login ke akun kalian yang untuk membeli domain dan pergi ke setelan domain.

2. Lalu pilih domain yang error saat parkir lalu klik kelola. Mungkin tiap penyedia layanan hosting berbeda-beda, silahkan kalian cari saja.

3. Lalu pilih Nameservers

Pilih Nameservers

4. Setelah itu klik Update Nameservers, nah setelah kita update Nameservers nya pasti domain kita sudah bisa disave atau sudah tidak error kesalahan 9 lagi.

Update Nameservers

Pengalaman saya 1x parkir domain .com dan 2x parkir domain inisial .id di Rumahweb cara itu 100% berhasil. Untuk dot com(.com) tidak perlu menunggu lama, setelah klik update langsung bisa. Namun untuk inisial dot id(.id) memang harus menunggu 1-2 jam terlebih dahulu.

Perlu diingat juga, jika terjadi error saat parkir domain tidak usah panik. Domain yang kita beli tidak akan rusak atau semacamnya, tinggal di setting ulang dari awal.


EmoticonEmoticon