Sabtu, 27 Oktober 2018

4 Hal Yang Menyebab Tidak Lulus Tes SKD CPNS

Ilustrasi pelamar akan mengikuti tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

KEPOINDONESIA.id - Mulai dari kemarin, 26 Oktober 2018 tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) sudah dilaksanakan di masing-masing Provinsi. Dengan tes berbasis Computer Assisted Test (CAT) sebenarnya mempermudah pelamar untuk menjawab soal dengan cepat dan benar. Namun masih banyak pelamar yang salah dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan ke gagalan di tes tersebut. Untuk itu kalian bisa menyimak tips dan trik menjawab soal CAT CPNS 2018 dengan cepat dan benar.

Untuk bisa melanjutkan ke tes selanjutnya, peserta harus mendapatkan nilai sesuai Passing Grade. Mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Intelegensia Umum (TIU) harus memenui batas Passing Grade.

Untuk itu, berikut adalah kesalahan yang menyebabkan gagal atau tidak lulus tes SKD.

1. Metode Belajar Yang Salah
Hal ini tidak boleh diremehkan, metode belajar sangatlah penting dalam mengikuti sebuah tes atau ujian. Untuk soal SKD yang berupa TIU dan TKP sebenarnya ini tidaklah sulit, hanya butuh penalaran dari otak kita saja. Coba berfikir dari sudut pandang yang berbeda dan cermati soal dengan jawabannya, itu adalah kunci dari tes TIU dan TKP. Untuk TWK memang cukup sulit, ini perlu wawasan yang luas dan harus bisa membedakan arti dari jawaban yang satu dengan yang lainnya.

2. Soal Tidak Keluar
Hal yang wajar dan sering terjadi. Banyak orang yang mencari kisi-kisi, materi, atau soal tahun lalu sebagai referensi belajar, ini tidak salah tetapi banyak yang berlebihan tentang mempelajari materi-materi yang didapat. Kemungkinan besar yang kita pelajari bisa muncul 100%, 70% bahkan tidak ada sama sekali yang muncul. Memang kebanyakan tes akan mengambil soal-soal dari tahun lalu atau beberapa tahun sebelumnya. Tetapi tidak sama persis soal itu akan muncul dengan nomor atau urutan a, b, c, d, e yang sama.

3. Terlalu Tegang Saat Mengikuti Tes
Banyak sekali peserta yang gugup ataupun takut sebelum tes berlangsung. Hal ini dapat menggangu pikiran kita yang sudah kita siapkan untuk menjawab soal-soal yang ada. Jadi bawa santai saja seperti kita hanya akan melaksanakan tes biasa.

4. Soal Yang Sulit Malah Dikerjakan
Selamat bagi kalian yang sudah mengikuti tes SKD terlebih dahulu dan kalian menjawab soal yang sulit namun soal yang mudah ditinggalkan. Perlu di inggat, soal-soal tersebut memiliki nilai yang sama (Kecuali TKP) dan jika kalian menjawab soal yang sulit nilai kalian tidaklah akan lebih besar dari yang menjawab soal yang mudah. Perlu diingat, kita perlu mengumpulkan poin yang banyak untuk lulus Passing Grade.

Itulah hal-hal yang sering menyebakan kegagalan dalam tes SKD CPNS, tidak hanyak SKD, mungkin juga di tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) setelah pelamar lolos tes SKD. Kesalahan berikut juga sering terjadi di Ujian Sekolah maupun Ujian Masuk Universitas dan Ujian Melamar Pekerjaan.


EmoticonEmoticon