Berapa Ukuran Kail Untuk Mancing Bawal di Pemancingan?

Berapa Ukuran Kail Untuk Mancing Bawal di Pemancingan?

KEPOINDONESIA.id - Ikan bawal masih menjadi salah satu target pemancing di pemancingan selain ikan lele, ikan mujair dan nila, serta ikan emas. Dibandingkan ketiga ikan yang saya sebutkan, memancing ikan bawal lebih sulit.

Sulit disini selain tidak mudah makan umpan, gigi ikan bawal yang tajam sering kali membuat senar pancing putus. Alhasil sebelum ikan naik ikan sudah lepas terlebih dahulu. Untuk menyiasati ini biasanya pemancing menggunakan senar PE.

Senar PE tidak selamanya kuat, jika sudah berhasil menaikkan 15 sampai 20 ikan bawal biasanya senar akan diganti. Selain senar, ukuran mata kail juga sangat penting ketika kalian mancing ikan bawal.

Mata kail ukuran berapa yang pas untuk ikan bawal? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa mancing di pemancingan tanpa essen ikan dapat naik serta cara supaya joran pancing tidak mudah patah walaupun baru beli.

Ukuran Mata Kail Berapa Untuk Ikan Bawal?


Ukuran mata kail sebenarnya tergantung ukuran target ikan, bukan jenis ikannya. Apabila ikan bawalnya besar maka mata kailnya lebih baik yang cukup besar. Sedangkan jika ikan bawalnya kecil lebih baik mata kailnya yang lebih kecil.

Karena jika terlalu besar ikan susah saat memakan umpannya dan jika terlalu kecil selain mudah ditelan ikan mata kailnya terkadang kurang kuat. Untuk standar ikan bawal 1KG kalian bisa gunakan mata kail ukuran 8 sampai 10, atau bisa yang lebih besar asalkan mata kail baru.

Apa Wajib Menggunakan Senar PE?


Tidak wajib tetapi supaya tidak putus senar PE memang direkomendasikan. Bisa menggunakan senar biaya dengan teknik plintir, tetapi ini tetap kurang kuat jika terkena gigi ikan bawal lebih dari 3 kali.

Atau bisa modifikasi pada bagian senar yang dekat dengan kail pancing dengan memberikan pir dari bekas korek gas. Jadi modifikasi ini mengamankan senar dengan cara menambah pir supaya gigi ikan bawal tidak menggigit senar.

Apa Umpan Ikan Bawal Yang Jitu?


Ada banyak sekali umpan ikan bawal yang jitu, dan umpan jitu ini tidak gratis dan perlu modal yang banyak. Untuk umpan yang gratis kalian bisa gunakan jangkrik atau orong-orong, beberapa pemancing juga menggunakan tempe.

Cacing juga bisa asalkan kalian tidak ikut lomba atau galatama, karena jika ikut lomba sudah pasti kalian akan tertinggal dengan pemancing lainnya. Semua umpan sebenarnya ikan bawal suka, hanya saja tergantung persepsi pemancingnya.

Berapa Ukuran Senar Untuk Mancing Ikan Bawal?


Yang jelas harus besar dari segi ukuran fisik, untuk ukuran beban lebih berat lebih baik khususnya jika ikut galatama karena saat mengangkat tidak boleh menggunakan seser. Semakin berat beban yang bisa ditahan lebih baik.

Ingat bahwa tidak harus PE, karena bagian mata kail dapat diakali dengan spring atau per dari korek api bekas. Yang jelas harus kuat supaya saat diangkat ke darat senar tidak putus karena ikannya terlalu besar dan berat.

Untuk ukuran kail pancing bisa disesuaikan saja dengan ukuran ikan bawal yang ada di kolam. Atau bisa gunakan ukuran umum seperti kail nomor 7 atau kail nomor 8. Ini susah cocok sekali untuk memancing ikan di pemancingan.

Karena bisa untuk ikan yang lebih kecil dan bisa untuk ikan yang besar. Tidak tau apa saja istilah yang biasanya digunakan oleh para pemancing? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut.

Tentu saja setiap pemancing tidak tau semua istilah tersebut. Tetapi setidaknya para pemancing tau beberapa istilah yang umum. Seperti apa itu yang disebut dengan spot serta tau perbedaan antara joran dengan alat pancing.


EmoticonEmoticon