Perbedaan Bitrate Rendah, Bitrate Rekomendasi, dan Bitrate Tinggi di Aplikasi CapCut

Perbedaan Bitrate Rendah, Bitrate Rekomendasi, dan Bitrate Tinggi di Aplikasi CapCut

KEPOINDONESIA.id - Siapa dari kalian yang menggunakan CapCut untuk edit dan rendering video. Fitur yang ada di CapCut memang sangat banyak dan cara menggunakannya juga mudah. Bisa dibilang CapCut merupakan aplikasi video editing yang sangat memudahkan.

Fitur sudah canggih karena menyediakan fitur yang berjalan secara online seperti efek. Jadi efek tersebut ditambahkan secara online yang membuat aplikasi CapCut tidak berat dan size aplikasinya tidak besar.

Nah saat proses export video selain resolusi dan tingkat bingkai ada yang namanya laju bit atau lebih dikenal dengan bitrate. Di aplikasi CapCut ada 2 opsi bitrate atau laju bit yaitu rendah, rekomendasi, tinggi.

Nah yang menjadi pertanyaan banyak orang apa perbedaan antara ketiganya? untuk tau jawabannya kali ini saya akan menjawab hal tersebut. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menyesuaikan aspek rasio video serta penyebab video yang ada di Facebook tidak bersuara.

Laju Bit Rendah CapCut


Artinya transmisi data per detiknya lebih sedikit. Apabila banyak pergerakan pada video maka gerakan di video tidak akan mulus. Tetapi kelebihannya size file video akan lebih kecil dengan mengorbankan laju bit atau bitrate tadi.


Kelebihan


  • Size video lebih kecil
  • Proses rendering lebih cepat
  • Video menjadi lebih ringan


Kekurangan


  • Resolusi video menjadi berkurang
  • Gerakan di video menjadi kurang mulus
  • Dapat mengurangi kualitas video

Laju Bit Direkomendasikan CapCut


Untuk yang ini mencakup semuanya alias size file video tetapi kecil tetapi tidak menurunkan kualitas video dan audio. Tidak tau pasti di angka berapa bitratenya akan tetapi ini opsi antara Rendah dan Tinggi

Lau Bit Tinggi CapCut


Artinya transmisi data per detiknya lebih banyak. Apabila banyak pergerakan pada video maka gerakan di video akan terlihat tetap mulus. Kelebihannya yaitu kualitas video tidak berkurang tetapi size video akan menjadi lebih besar.

Kelebihan


  • Resolusi video lebih tinggi
  • Tidak mengurangi kualitas video
  • Video lebih nyaman ditonton

Kekurangan


  • Size video menjadi besar
  • Video menjadi lebih berat
  • Apabila tidak sesuai hanya memakan penyimpanan saja

Kesimpulannya pilih yang mana? sebenarnya saya sendiri lebih suka yang bisa diatur dengan bebas seperti yang ada di VN Video. Karena kita tidak tau pasti angka rendah di berapa Mbps dan angka tinggi di berapa Mbps.

Untuk di upload ke sosial media seperti TikTok, Facebook, dan Instagram 8 Mbps yang terbaik. Lebih tinggi sedikit saja seperti 10 Mbps bisa membuat video buram karena akan di kompres secara online yang membuat kualitasnya berkurang.

Sekian pembahasan dari saya mengenai berbedaan laju bit atau bitrate yang ada di CapCut. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara mudah menambahkan emoji dan emoticon di foto dan gambar yang kalian inginkan.


EmoticonEmoticon