4 Cara Mengatasi Burung Dekukur atau Tekukur Yang Tidak Mau Bunyi

4 Cara Mengatasi Burung Dekukur atau Tekukur Yang Tidak Mau Bunyi

KEPOINDONESIA.id - Dekukur salah satu burung anggungan yang bisa kamu pelihara selain burung puter dan burung perkutut. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri jadi silakan kalian pelihara sesuai dengan selera.

Atau bisa pelihara semuanya karena pemeliharaannya mudah. Hanya kalian keluarkan saja jika siang hari dan kalian beri makan. Ketiganya bisa diberi pakan yang sama jadi kalian tidak akan repot.

Sida ada waktu luang sesekali kalian jemur di sinar matahari pagi ini lebih bagus. Kembali ke topik, topik utamanya yaitu burung tekukur atau dekukur. Di daerah saya terkadang burung ini juga disebut dengan burung deruk.

Apa yang perlu dilakukan apabila burung tekukur ini tiba-tiba tidak mau bunyi? ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan. Apabila burung dekukur macet bunyi kalian bisa lakukan apa yang akan segera saya bahas.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara supaya burung dara tidak nyasar dan hilang serta cara mudah menangkap burung pipit atau emprit liar yang ada di pohon atau sawah.

Lebih Sering Dijemur


Yang pertama kalian bisa jemur murung dekukur atau burung tekukur setiap hari apabila sebelumnya hanya saat kalian dalam waktu senggang saja. Ini supaya burung tetap sehat karena di dalam burung ini selalu terkena sinar matahari.

Mandikan Burung Lebih Sering


Tidak harus setiap hari tetapi bisa 3 kali sehari kalian mandikan burung dekukur yang kalian miliki. Jika bisa sampai basah kuyup supaya burung benar-benar terkena air dan nanti akan bugar lagi setelah kering.

Ganti Pakan Dengan Yang Lain


Jadi apa yang kalian gunakan sekarang sebagai pakan burung dekukur silakan kalian ganti. Mulai dari merek pakannya atau jenis pakan itu sendiri. Bisa saja burung dekukur tidak selera dengan pakan yang kalian berikan.

Gunakan Asinan Yang Benar


Asinan yang paling saya rekomendasikan yang murah meriah tetapi baik yaitu pasir sungai. Pastikan pasir sungai yang baru diambil dari sungai supaya tidak ada cacing tanahnya. Karena jika ada telur dan cacing tanahnya tidak baik untuk burung termasuk burung dekukur.

Itu dia beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi burung dekukur yang macet bunyi. Asalkan sehat burungnya kalian tidak perlu khawatir. Untuk air minus usahakan air matang dan jangan air mentah.

Apabila kotor atau sudah berlumut wadah minum wajib dibersihkan. Dan untuk pakannya jika kotor wajib kalian bersihkan juga. Sangkar bersihkan minimal 1 minggu sekali dan pastikan bewrsihkan dengan bersih.

Itu dia beberapa cara mengatasi burung dekukur yang tidak mau bunyi atau manggung lagi. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara supaya entog cepat gemuk dan besar ketika dipelihara.


EmoticonEmoticon