Arti Ndableg dan Ngeyel Dalam Bahasa Jawa

Arti Ndableg dan Ngeyel Dalam Bahasa Jawa

KEPOINDONESIA.id - Yang namanya anak-anak pasti sulit diatur, tetapi sifat seperti itu tidak hanya di anak-anak tetapi di orang dewasa dan orang tua. Nah di Jawa ada yang namanya istilah Ngeyel dan Ndableg.

Keduanya memang terlihat sama tetapi sebenarnya memiliki ati yang berbeda. Untuk penggunaanya kurang lebih seperti ini "Pancen anake pak Roni ngeyel nek dikandani" atau dalam Bahasa Indonesia "Memang anaknya pak Roni sulit diatur kalau diberi tahu".

Sedangkan untuk ndableg seperti "Dasar bocah ndableg, wis dikandani dibaleni maneh" atau dalam Bahasa Indonesia "Dasar anak yang tidak mendengar, sudah diberi tau masih diulangi lagi".

Lalu apa arti ngeyel dan ndableg ini? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan legeg serta apa yang dimaksud dengan njungkel dan nyungsep.

Pengertian Ngeyel


Ngeyel sendiri tidak hanya populer di Jawa tetapi setahu saya kata ini cukup populer digunakan dimana saja. Ngeyel sendiri adalah sifat yang susah diatur atau tidak bisa diatur. Apabila diberi tahu pasti ngeyel dan tidak mau mendengarkan.

Apabila ada yang mengatakan kandani ngeyel maka orang tersebut sudah pasti sedang memberitahu orang ngeyel. Apakah orang ngeyel itu menyebalkan? saya kira tidak karena yang rugi diri mereka sendiri.

Pengertian Ndableg


Sedangkan ndableg sifat lanjutan dari ngeyel. Dalam artian selain susah diatur sifat ini tidak mau tau dan tetap melakukan hal yang mereka sukai. Baik itu benar atau salah tidak perduli karena bagi mereka biasa saja.

Apabila ngeyel hanya sulit diberi tahu berbeda dengan ngableg. Selain susah diberitahu dan diatur orang ndableg pasti melakukan hal-hal aneh yang menurut mereka menyenangkan padahal sudah dilarang.

Itu dia arti dari kata ndableg dan ngeyel yang mungkin sering kalian dengar. Apabila masih anak-anak wajar saja jika masih ngeyel dan ndableg. Tetapi jika sudah dewasa perlu dipertanyakan karena sifat seperti itu seharusnya sudah hilang.

Berbeda dengan keras kepala, karena keras kepala memiliki pendirian tersendiri. Bagaimana cara menghadapi orang ngeyel dan ndableg? saya tidak tau pasti. Tetapi cara mudahnya yaitu bisa diamkan saja terserah mereka.

Sekian pembahasan dari saya mengenai sifat ngeyelan dan ndableg. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca apa yang disebut dengan uka dan umak. Saya yakin beberapa dari kalian masih ada yang belum tau.


EmoticonEmoticon