4 Cara Supaya Ikan Channa di Akuarium Tidak Gampang Mati

4 Cara Supaya Ikan Channa di Akuarium Tidak Gampang Mati

KEPOINDONESIA.id - Sudah banyak yang mulai tertarik dengan ikan channa yang sebenarnya ikan ini mirip sekali dengan ikan gabus. Perbedaan yang paling mencolok antara channa dan ikan gabus yaitu pada coraknya.

Apabila gabus coraknya biasa saja sedangkan channa beragam dan bervariasi, yang jelas sudah bisa dibilang ikan hias. Tetapi saya sendiri menyamakan ikan channa dengan ikan gabus karena memang sama persis.

Kembali ke topik, apabila dipelihara di akuarium antara channa dan ikan gabus sama-sama hidup dan tidak akan mudah mati. Asalkan kalian tau beberapa cara merawat dan memelihara ikan gabus atau channa di akuarium.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara merawat dan memelihara channa di akuarium. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya.

Seperti jika kalian mengalami ikan sapu-sapu yang sering mati kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan ikan sapu-sapu yang sering mati di akuarium. Selain itu kalian juga bisa baca artikel mengenai ikan hias yang dapat dipelihara tanpa filter dan aerator.

Jangan Gunakan Filter


Bagi yang tidak tau channa merupakan ikan yang suka ketenangan, oleh karena jika jika menggunakan filter dan power head channa akan menjadi stres. Jadi tidak perlu menggunakan filter jika kalian memelihara ikan channa di akuarium.

Tidak Perlu Aerator Juga


Selain filter ikan channa juga tidak perlu aerator karena ikan ini memiliki insang yang sangat bagus. Aerator hanya akan menimbulkan suara bising dan ikan channa tidak suka dengan hal ini. Oleh karena itu tidak perlu filter dan aerator.

Jangan Terlalu Sering Diberi Makan


Maksud saya pemberian makan tetap rutin, misalnya 2 kali sehari. Tetapi tidak perlu kalian beri makan setiap kali kalian mendapatkan makanan ikan channa. Jadi beri makanan pada jadwal makan ikan channa.

Jangan Terlalu Sering Ganti Air


Dan yang terakhir jangan terlalu sering ganti air, karena memang karakteristik ikan channa berbeda dengan ikan hias lainnya. Dasarnya ikan ini hidup di air yang buruk jadi sangat tangguh dengan air kotor sekaligus.

Apa kesimpulannya? saya kira kalian sudah tau. Kesimpulannya yaitu ikan channa sangat suka ketenangan. Jadi jika ada yang mengganggu ikan ini seperti suara air bisa membuat ikan channa stres dan mudah mati.

Air kotor tidak masalah, air keruh tidak masalah yang terpenting tenang dan ikan channa tetap mendapatkan makanan. Bahkan ikan ini bisa hidup di galon yang airnya tidak diganti selama 6 bulan asalnya tetap diberi makan.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara memelihara ikan hias channa supaya tidak mudah mati. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara membuat supaya aerator tidak berisik dan lebih senyap.


EmoticonEmoticon