4 Tips dan Cara Mengatasi Aerator Aquarium Yang Berisik

4 Tips dan Cara Mengatasi Aerator Aquarium Yang Berisik

KEPOINDONESIA.id - Mesin Aerator atau yang lebih dikenal dengan Aerator merupakan salah satu perlengkapan untuk menunjang Aquarium. Aerator adalah mesin yang digunakan untuk membuat gelembung udara di dalam Aquarium untuk keperluan oksigen di dalam air.

Banyak yang mengira bahwa Aerator hanya hiasan semata dan tidak memiliki fungsi utama seperti filter Aquarium. Nyatanya Aerator memang penting dan beberapa tipe Aquarium biasanya hanya menggunakan Aerator saja.

Salah satu alasan hanya perlu Aerator saja yaitu karena tank Aquarium relatif kecil dan ikan yang ada di Aquarium tidak membuat air kotor dan keruh dengan cepat. Baik Aerator atau Power Head yang digunakan untuk filter Aquarium keduanya menghasilkan bunyi.

Saya kira semua sudah tau bahwa bunyi Aerator walaupun dengan tipe yang terkecil bunyinya tetap sangat kencang dan keras. Sedangkan Power Head bunyinya tidak terlalu keras tetapi terkadang bisa berbunyi dan sangat mengganggu.

Untuk masalah bunyi yang ada di Power Head sebelumnya saya sudah pernah membahasnya. Jika kalian penasaran dan ingin tau kalian bisa baca artikel tersebut. Sedangkan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara menghilangkan bunyi yang dihasilkan mesin Aerator Aquarium.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mematikan bunyi kamera dan tangkap layar di iPhone serta solusi mengatasi gear depan sepeda motor berisik dan bunyi tek tek tek.

Tips Suara Mesin Aerator Aquarium Tidak Berisik


1. Letakan di Tempat Yang Benar


Di tempat yang benar yang saya maksud yaitu di tempat yang tidak menimbulkan suara berlebih dan suara yang tidak perlu. Jangan letakan aerator di tempat yang mudah bergetar seperti di atas toples, di atas kaca, atau benda lainnya yang terbuat dari besi dan seng.

Usahakan letakan Aerator di tempat yang kedap suara seperti di atas papan kayu, diatas selembar karpet, atau yang lainnya. Karena jika diletakan di tempat yang keras dan mudah bergetar getaran dari Aerator akan membuat benda tadi ikut bergetar dan menghasilkan suara yang tidak perlu.

2. Tambahkan Busa Sebagai Alas Aerator


Jika ditempatkan di tempat yang kedap suara tidak cukup kalian bisa memberi alas mesin Aerator menggunakan busa. Dengan busa getaran dari Aerator akan diredam dan suara yang dihasilkan akan sedikit berkurang.

Dari beberapa cara untuk menghilangkan suara Aerator yang berisik ini salah satu cara yang paling populer. Tidak bisa membuat Aerator benar-benar senyap tetapi kebisingan yang disebabkan oleh Aerator bisa berkurang lebih dari 50%.

3. Gantung Aerator


Benar sekali kalian bisa menggantung Aerator bukan menempelkannya ke dinding. Dengan menggantung getaran yang ada hanya akan fokus ke mesin Aerator karena Aerator tidak menempel ke benda lainnya.

Selain menambahkan busa di bawah mesin Aerator, menggantung Aerator juga cukup banyak digunakan. Hanya saja jika banyak anak kecil kurang aman dan kurang bagus karena tidak bisa diletakan di tempat yang sesuai dan diinginkan.

4. Beli Aerator Super Silent


Jika kalian sudah mencoba berbagai cara dan suara hanya berkurang saat siang hari dan saat malam hari Aerator tetap berisik lebih baik kalian membeli Aerator Super Silent. Aerator jenis ini sudah didesain supaya mengeluarkan bunyi yang lebih kecil.

Selain bunyinya yang tidak berisik Aerator Super Silent juga memiliki banyak lubang dan bisa digunakan untuk banyak Aquarium jika dibutuhkan. Mudahnya tidak hanya minim suara, Aerator Super Silent juga memiliki banyak keunggulan.

Tidak seperti Power Head yang memang lebih minim suara, entah kenapa rata-rata Aerator memang berisik kecuali Aerator Super Silent. Dari pada menggunakan Aerator lebih baik kalian beli Power Head yang bisa membuat gelembung udara di dalam air layaknya Aerator.

Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai solusi Aerator Aquarium yang super berisik dan sangat mengganggu. Sering mendengar bunyi tek saat sepeda motor selesai digunakan? jika penasaran dengan bunyi tersebut kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon