Biaya dan Ongkos Ganti Laher atau Bearing Roda Sepeda Motor Pada

Biaya dan Ongkos Ganti Laher atau Bearing Roda Sepeda Motor Pada

KEPOINDONESIA.id - Bearing atau yang sering disebut laher pada sepeda motor perlu kalian ganti apabila sudah aus atau rusak. Jika masih aus mungkin bisa kalian tahan sampai beberapa bulan, tetapi jika sudah rusak sangat disarankan untuk diganti.

Tidak hanya pada sepeda motor saja karena laher atau bearing pasti ada di semua kendaraan bermotor. Mulai dari mobil hingga truk besar. Karena memang dengan adanya bearing ini benda yang berputar menjadi tidak aus.

Dan yang aus hanya bearing atau lahernya saja. Di sepeda motor laher biasa ditemui di komstir, di roda, dan di mesin. Nah kali ini saya akan membahas mengenai biaya atau ongkos ganti laher pada roda sepeda motor.

Karena laher yang ada di roda yang paling sering bermasalah. Untuk tau berapa ongkos atau biayanya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan lainnya yang sudah saya bahas.

Seperti apa sebenarnya yang disebut sebagai apartemen berjalan itu serta jika kalian tidak tau apa itu spoke dan SW pada velg sepeda motor kalian bisa baca artikel mengenai perbedaan velg spoke dan velg CW.

Harga Dari Bearing atau Laher Itu Sendiri


Yang pertama kalian perlu tau harga dari bearing atau laher itu sendiri. Untuk yang original sudah pasti lebih mahal daripada yang imitasi atau dari produk aftermarket tapi kw. Selain itu beda jenis pasti juga lebih mahal.

Sebagai contoh laher Jupiter Z1 pasti berbeda jauh dengan laher roda atau bearing roda R25. Jadi yang pertama sebelum tau total biaya ongkos dan penggantian laher kamu harus tau harga dari laher atau bearing itu sendiri.

Biaya Ongkos Pasang Laher


Untuk biaya ongkos pasang laher roda sendiri terbilang cukup murah baik roda belakang atau roda depan. Tergantung jenis dan tipe motornya. Untuk motor bebek dan matik kecil saya kira mulai dari 30 ribuan.

Sedangkan untuk motor matik besar seperti Nmax dan PCX hingga motor sport 150cc keatas bisa diatas 50 ribu. Karena memang proses pembongkaran dan pemasangannya sedikit rumit jika dibandingkan motor bebel atau matik kecil.

Kesimpulannya untuk ongkos bongkar dan pasang mulai dari 30 ribu sampai 50 ribu. Bisa lebih mahal dan bisa lebih murah. Apabila di bengkel langganan mungkin bisa lebih murah dan bisa lebih cepat juga pengerjaannya.

Untuk biaya totalnya tinggal ditambah dengan harga bearing yang kalian pasang. Untuk laher atau bearing sendiri umumnya sekitar 25 ribuan. Jadi jika kalian mengganti dua jadi 50 ribu untuk dua bearing.

Jadi biaya totalnya tidak akan lebih dari 100 ribu atau 150 ribu. Itu saja yang bisa saya bahas mengenai biaya ganti bearing roda sepeda motor. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca ciri-ciri kopling motor yang sudah aus dan perlu diganti kampas koplingnya.


EmoticonEmoticon