Perbedaan Velg CW dan Spoke Pada Sepeda Motor Baru

Perbedaan Velg CW dan Spoke Pada Sepeda Motor Baru

KEPOINDONESIA.id - Membeli sepeda motor baru alangkah baiknya kalian pernah mencoba dan mengendarainya secara langsung. Untuk mencoba sepeda motor yang ada di dealer resmi cukup sulit dilakukan, karena tidak semua dealer resmi menyediakannya.

Ada beberapa dealer besar yang memang menyediakan unit test ride yang bisa dicoba calon pembeli. Nah karena kemungkinan mencoba langsung dari dealer resmi sedikit, lebih baik kalian mencoba milik saudara atau teman kalian.

Atau jika dirasa saudara atau teman tidak memiliki sepeda motor yang ingin kalian beli kalian bisa coba menyewanya di rentalan. Yang jelas kalian wajib benar-benar tau rasa berkendara menggunakan sepeda motor tersebut.

Nah biasanya di brosur yang dibagikan oleh sales atau marketing masing-masing pabrikan tertera tulis CW dan Spoke. Sebagai contoh ada Jupiter Z1 Spoke dan ada Jupiter Z1 CW. Selain itu ada juga Yamaha Mio M3 CW dan Yamaha Mio M3 Spoke.

Yang menjadi pertanyaan ialah apa sebenarnya Spoke atau SW dan CW ini?. Kenapa ada yang versi CW dan ada yang versi Spoke, bagus yang mana dan pilih yang mana?. Tenang kalian tidak usah bingung karena semuanya bagus dan tinggal sesuaikan dengan selera saja.

Lebih jelasnya langsung saja saya bahas mengenai apa itu sepeda motor versi Spoke dan versi CW. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan Mekanik dan Montir serta apa yang dimaksud dengan istilah PnP pada sebuah aksesoris dan onderdil.

Cast Wheel (CW)


Jadi CW singkatan dari Cast Wheel, yaitu jenis velg yang banyak digunakan di sepeda motor jaman sekarang. Velg ini memiliki desain yang bagus dari pada velg yang sering kita kenal atau velg jari-jari.

Selain desain dan bentuknya yang keren velg CW juga lebih kuat dan kokoh. Jika kalian tidak tau apa yang dimaksud dengan Cast Wheel, velg CW juga sering disebut dengan velg Racing yang banyak digunakan untuk modifikasi motor.

Spoke Wheel (SW)


Spoke Wheel atau jika disingkat menjadi SW merupakan penyebutan yang digunakan untuk menyebut velg bertipe jari-jari. Spoke Wheel atau yang banyak disebut Spoke sudah jarang ditemukan pada sepeda motor baru karena mayoritas sekarang menggunakan velg CW.

Tetapi tenang untuk saat ini pabrikan masih menyediakan versi Spoke karena velg tipe ini memiliki kelebihan lebih empuk dan nyaman daripada velg CW. Untuk selisih harga tergantung dari kendaraannya, untuk motor matik dan bebek kemungkinan antara 500 rb - 1 jutaan.

Saya pribadi lebih suka dengan CW karena secara tampilan lebih keren dan elegan. Untuk perawatan dan pencuciannya juga mudah tidak seperti velg Spoke atau jari-jari yang harus di stel 1 atau 2 tahun sekali dan saat kotor susah untuk dibersihkan.

Kesimpulannya CW dan Spoke pada sepeda motor baru mengacu pada tipe velg yang digunakan. Jadi kalian jangan sampai salah memilih dan supaya yakin bisa lihat sepeda motornya secara langsung. Apakah itu yang kalian inginkan atau bukan. 

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Ingin tau kekentalan oli yang cocok untuk sepeda motor kalian? kalian bisa baca artikel mengenai kekentalan oli yang cocok untuk kendaraan sepeda motor di Indonesia dengan iklim tropis.


EmoticonEmoticon