4 Cara Mengatasi Kamera Yang Panas Saat Digunakan

4 Cara Mengatasi Kamera Yang Panas Saat Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Pernahkah kalian mengalami saat merekam video menggunakan HP bagian kamera terasa hangat dan di beberapa kesempatan terasa sangat panas? ini sebenarnya hal yang lumrah terjadi dan bisa terjadi di kamera apa saja.

Mulai dari kamera smartphone, digital, DSLR, action camera, dan yang lainnya. Panas ini tidak bisa dihindari dan tidak dapat dicegah. Supaya tidak terlalu panas biasanya desain dari kamera itu sendiri yang menentukan.

Sebagai contoh pada GoPro, bagi kalian yang baru memiliki GoPro pasti akan bingung kenapa kamera GoPro yang kalian miliki sangat panas sekali saat digunakan untuk merekam. Panasnya melebihi panas HP saat digunakan untuk merekam video.

Apa ada solusi supaya kamera tidak panas saat digunakan? kamera apapun itu? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara memperbaiki ring kamera iPhone yang lecet serta cara zoom di kamera iPhone yang tidak ada pilihan perbesar.

Gunakan Saat Dibutuhkan


Cara paling sederhana yaitu gunakan saat sedang dibutuhkan saja baik untuk mengambil foto atau mengambil video. Jika tidak untuk kamera HP silakan kalian tutup sedangkan untuk kamera lainnya lebih baik dimatikan.

Jangan Terlalu Lama Merekam Video


Untuk merekam video saran saya jangan terlalu lama, waktu ideal yaitu 10 menit sekali hentikan dan jika terpaksa perlu lanjut silakan mulai merekam dari awal. Tetapi jika sudah selesai maka silakan langsung matikan atau tutup aplikasi kameranya.

Jangan Gunakan Saat Cuaca Panas


Cuaca panas tentu saka membuat perangkat juga cepat panas. Apabila ingin menggunakan kamera dalam jangka waktu yang lama pilihlah cuaca yang tidak panas atau tidak panas sekali seperti saat siang hari.

Tidak Perlu Khawatir Kamera Tidak Akan Rusak


Apabila kalian mengira panas yang berlebih akan membuat kamera dan sensor kamera rusak tentu saja tidak. Mungkin yang perlu kalian perhatikan yaitu pada baterai karena jika sudah panas sekali konsumsi baterainya akan menjadi lebih boros.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi kamera yang panas saat digunakan khususnya untuk merekam video. Baik kamera DSLR, digital, kamera HP, atau kamera seperti GoPro. Ini hal yang wajar dan tidak dapat dihindari.

Tidak perlu khawatir kalian bisa ikuti cara yang sudah saya sebutkan diatas. Khususnya untuk kamera GoPro jika kalian gunakan untuk motovlog panas akan berkurang karena selalu tertiup angin saat sedang merekam.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai kenapa foto HEIC dan HEIF tidak bisa dibuka. Foto dengan format ini biasanya tersedia pada ponsel flagship seperti iPhone dan Samsung.


EmoticonEmoticon