Pengertian Panggilan Kangmas dan Dimas Dalam Budaya Jawa

Pengertian Panggilan Kangmas dan Dimas Dalam Budaya Jawa

KEPOINDONESIA.id - Panggilan kangmas dan dimas mungkin sering atau pernah kalian dengar. Seperti yang saya dengar nama panggilan anak dari sepupu saya yaitu dimas padahal nama aslinya tidak ada kata dimasnya sama sekali.

Jadi apa sebenarnya ini? dimas dan kangmas sebenarnya merupakan panggilan dalam Bahasa Jawa. Karena bagus, untuk dimas biasanya digunakan untuk nama atau nama panggilan walaupun nama aslinya tidak ada kata dimasnya.

Untuk kangmas mungkin kalian sudah tau karena memang sering digunakan. Sedangkan untuk dimas saya sendiri baru sadar bahwa dimas merupakan panggilan dalam Bahasa Jawa. Supaya kamu tau dan sadar langsung saja saya bahas keduanya.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kalian harus tau perbedaan username dan nickname serta jika kalian ditanya stay dimana kalian harus tau arti dari stay dimana supaya bisa menjawabnya.

Kangmas atau Kakak Laki-Laki

Benar sekali, kangmas yaitu akang laki-laki atau dalam Bahasa Indonesia sama seperti kakak laki-laki. Tidak hanya untuk kakak kandung saja tetapi biasanya untuk anak dari pakdhe dan budhe kita bisa menyebutnya dengan kangmas.

Dimas atau Adik Laki-Laki

Sedangkan dimas yaitu adik laki-laki. Sama halnya dengan kangmas, dimas tidak hanya digunakan untuk adik kandung tetapi juga bisa kalian gunakan untuk anak dari bulik dan paklik yang merupakan adik dari orang tua kita.

Mungkin ada yang sudah tau dan ada yang belum tau. Saya sendiri terkadang bingung karena orang tersebut merupakan anak dari adik orang tua saja tetapi umurnya lebih tua dari saya. Jika secara umum saya bisa menyebutnya dengan mas atau mbak.

Tetapi jika diurutkan dari keluarga walaupun umurnya lebih tua tetap harus dipanggil adik karena anak dari adik orang tua saya. Dan juga sebaliknya walaupun umurnya dibawah saja karena anak dari kakak orang tua saya maka harus disebut mas atau mbak dan tidak boleh menggunakan nama saja.

Sekian pembahasan dari saya mengenai apa itu dimas dan kangmas. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau arti tindak pundi dan saking pundi kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon