Penyebab Video Tidak Bisa Diputar atau Dibuka

Penyebab Video Tidak Bisa Diputar atau Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Menonton video adalah salah satu kegiatan untuk menghilangkan rasa stres dan bosan. Ada banyak sekali video akan tetapi video yang bisa menghilangkan rasa stres dan bosan sudah jelas adalah video lucu. 

Video lucu sangat mudah kita jumpai mulai di Facebook, Instagram, YouTube, hingga di grup WhatsApp. Akan tetapi kalian pernah tidak mengalami ingin menonton video tetapi tidak jadi karena video tidak bisa di tonton?.

Gagal menonton video pasti disebabkan karena file video tidak bisa dibuka. Baik video yang direkam langsung dari perangkat kalian atau video yang kalian dapatkan dari orang lain atau dari internet.

Ada banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan video tidak bisa diputar. Akan tetapi ada 2 hal yang paling utama dan paling sering terjadi jika sebuah video tidak bisa diputar. Karena saya sudah sering mengalami tidak bisa memutar video dan saya tau apa penyebabnya.

Jika kalian ingin tau apa penyebabnya kalian bisa baca beberapa penyebab yang bisa menyebabkan video tidak bisa di putar atau di tonton. Namun sebelum lanjut ke penyebabnya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti kenapa video yang ada di Facebook buram saat di tonton serta solusi mengatasi aplikasi Mi Video keluar sendiri saat digunakan untuk memutar video. Berikut beberapa penyebab kenapa video tidak bisa diputar.

Penyebab Tidak Bisa Memutar Video


1. File Video Rusak atau Corrupt


Tidak hanya aplikasi dan file .zip atau .rar yang bisa rusak, file video ternyata juga bisa rusak atau corrupt. Jika sudah corrupt video tidak akan bisa diputar sama sekali dan tidak bisa diperbaiki lagi.

File video corrupt atau rusak disebabkan oleh 2 hal. Yang pertama file video rusak saat perekaman video dan yang kedua rusak saat proses downloading dari internet. Selain itu karena masalah rendering juga bisa menyebabkan file video menjadi rusak.

2. Pemutar Video Tidak Mendukung Format Video


Selain karena file rusak file yang tidak di dukung juga bisa menyebabkan video tidak bisa diputar. Misalnya aplikasi pemutar video yang kalian gunakan hanya mendukung format .3gp dan mp4.

Akan tetapi video yang akan kalian tonton memiliki format .mkv. Jika sudah seperti itu video tersebut tidak akan bisa kalian tonton. Untuk menontonnya kalian harus menggunakan pemutar video yang mendukung format .mkv.

3. Karena Error dan Lag


Dan untuk penyebab terakhir karena perangkat yang ingin kalian gunakan untuk menonton video sedang error atau lag. Walaupun jarang terjadi akan tetapi lag juga bisa menyebabkan video tidak bisa diputar.

Sebagai contoh spesifikasi Laptop yang kalian miliki pas-pasan akan tetapi kalian memaksakan menonton video dengan resolusi 1080p. Apa error dan lag akan terjadi? tentu saja bisa.

Jadi itu dia beberapa penyebab kenapa video tidak bisa diputar atau ditonton. Penyebab diatas bukan untuk masalah video yang tidak bisa di tonton di Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, atau WhatsApp.

Karena untuk video yang tidak bisa diputar di dalam aplikasi semacam itu masalahnya berbeda. Ingin menghilangkan subtitle di video .mkv? jika iya kalian bisa baca cara menghilangkan subtitle lewat aplikasi MX Player.


EmoticonEmoticon