Cara Mengatasi Tombol Kembali Tidak Berfungsi atau Tidak Merespon

Cara Mengatasi Tombol Kembali Tidak Berfungsi atau Tidak Merespon

KEPOINDONESIA.id - Tombol back atau tombol kembali salah satu dari tiga tombol navigasi di smartphone. Seperti yang kalian tau ada 3 tombol navigasi yang pasti ada yaitu back, menu, dan recent apps. Walaupun rata-rata kini sudah tidak menggunakan tombol tetapi saya yakin masih banyak yang menggunakannya.

Maksudnya yang menggunakan HP dengan tombol navigasi seperti yang ada di Samsung Galaxy J7 series atau seperti yang ada di Samsung Galaxy S7 series. HP dengan tombol navigasi sebenarnya keren hanya saja layarnya tidak bisa luas.

Karena kini trend layar HP wajib luas maka tombol tersebut sudah dihilangkan dan digantikan dengan tombol navigasi yang ada di layar. Bagaimana jika tombol back atau kembali tidak berfungsi? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas baik yang berupa tombol fisik atau tombol yang ada di layar. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan antara tombol delete dan backspace serta cara mengatasi OneDrive tidak bisa diakses dan error.

Cara Mengatasi Tombol Kembali di Layar Yang Tidak Berfungsi


Pertama yang akan saya bahas yaitu tombol kembali yang ada di layar. Apabila ternyata tombol kembali atau tombol lainnya seperti menu dan recent apps tidak berfungsi kalian bisa periksa dan pastikan layar sentuhnya normal.

Apabila layar sentuh pada bagian tombol tadi tidak normal atau tidak bisa disentuh maka wajar saja jika ketika tombol tidak bermasalah. Jadi silakan kalian periksa dan pastikan layar sentuh normal dan dapat disentuh.

Cara Mengatasi Tombol Kembali Fisik Yang Tidak Berfungsi


Sedangkan untuk tombol kembali yang berupa fisik ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Yang pertama silakan kalian tekan dengan agak keras apakah berfungsi atau tidak. Jika masih berfungsi kemungkinan tombol sudah mulai kurang sensitif.

Masih belum berhasil? silakan bersihkan bagian tombol dengan kain kering dan bersihkan tangan kalian juga. Jika masih belum berhasil maka tombol memang sudah rusak dan perlu kalian servis atau lakukan perbaikan.

Apabila memang perlu diperbaiki tombol back atau kembali atau tombol lainnya berapa biayanya? untuk biayanya tergantung dari tipe HP? tetapi untuk setahu saya mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu.

Tetapi kasus ini sangat jarang terjadi kecuali tombol fingerprint yang berupa tombol fisik. Yang jelas asalkan pemakaian normal tombol navigasi tidak akan rusak terlebih dahulu. Malah rata-rata sebelum rusak HP sudah dijual karena ingin ganti yang baru.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara mengatasi dan memperbaiki tombol navigasi seperti tombol kembali yang bermasalah. Apabila kalian ingin ganti tombol power pada HP, kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut dan sudah saya bahas.


EmoticonEmoticon