5 Cara Memperbaiki Pedal Sepeda Yang Oblak atau Lepas Tanpa ke Bengkel Sepeda

5 Cara Memperbaiki Pedal Sepeda Yang Oblak atau Lepas Tanpa ke Bengkel Sepeda

KEPOINDONESIA.id - Ingat sekali saat jaman SMP dari mulai berangkat sampai pulang sekolah yang paling saya cemaskan yaitu pedal sepeda saya yang sering lepas. Sangat sering sekali saya alami dan saya selalu hati-hati saat berangkat dan bulang sekolah.

Kasus pedal sepeda yang lepas atau sering lepas biasa terjadi di sepeda wanita yang memang pada bagian mur pedalnya kurang bagus. Mur akan mudah berputar sendiri yang membuatnya menjadi gampang kendor.

Tidak hanya pada sepeda wanita saja tetapi yang paling sering terjadi yaitu pada sepeda wanita. Bagaimana cara mengatasinya? untuk cara mengatasinya sebenarnya mudah saja. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai hal tersebut.

Yaitu mengenai cara mengatasi pedal sepeda yang mudah atau gampang lepas. Ini akan merepotkan jika mur jatuh dan tidak tau jatuh dimana. Asalkan tidak kencang yang terpenting tidak mudah lepas begitu saja.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca berapa biaya dan ongkos pemasangan ban sepeda motor di bengkel serta cara mengatasi footstep motor yang longgar dan oblak.

Kencangkan Dengan Benar


Pertama kalian bisa kencangkan mur sepeda dengan benar dan kencangkan sekencang-kencangnya. Bagi yang tidak tau mur pedal sepeda biasanya akan sedikit bergerigi dibagian belakangnya supaya mur tidak kendor saat pedal di kayuh, jadi pastikan gerigi tadi menempel dengan bagian pedal dalam.

Berikan Lem Pada Ulir


Yang berikutnya kamu bisa berikan lem pada ulir supaya mur tidak mudah kendor dan berputar sendiri. Bebas saja lem yang kamu gunakan bisa lem cair atau yang pernah saya gunakan dulu yaitu lem pipa paralon yang seperti slotip.

Lilit Ulir Dengan Kawat


Apabila mur sudah kepasang kamu bisa ulir bagian luar dengan kawat untuk mencegah mur kendor dan lepas dan jatuh. Cara ini susah-susah gampang karena kawat yang kaku akan sulit kamu lilitkan pada ulir pedal sepeda.

Ganjal Ulir Dengan Seng


Cara ini jelas akan merusak ulir dari pedal sepeda, tetapi tidak ada cara lain apabila cara sebelumnya masih belum efektif alias setelah beberapa hari pedal sepeda lepas lagi. Silakan ganjal ulir dengan seng sebelum kalian kencangkan murnya.

Ganti Mur dan Ulir


Yang terakhir kalian bisa ganti mur dan ulir dengan membawanya ke bengkel. Bisa ganti pedal juga karena desain pedalnya memang mudah lepas. Atau bisa kalian las tetapi jika akan membongkarnya kalian akan kerepotan sendiri.

Apa yang sudah saya sebutkan pernah saya coba karena saya pernah mengalami pedal sepeda sering lepas saat saya masih SMP. 3 tahun saya mengalami hal tersebut jadi saya tahu betul apa yang perlu kalian lakukan.

Pilihan yang murah memang dengan mengelas pedal sepeda. Tetapi ingat bahwa tidak akan ada penggantian part pada pedal sepeda supaya pedal yang sudah kalian las tadi tidak kalian las kembali untuk membukanya.

Sekian pembahasan dari saya mengenai pedal sepeda yang sering kendor dan lepas saat digunakan. Sebelum saya akhiri apabila gear depan sepeda motor yang kalian miliki berbunyi kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon