4 Etika Lewat Depan Orang Tua Yang Benar Yang Wajib Diketahui

4 Etika Lewat Depan Orang Tua Yang Benar Yang Wajib Diketahui

KEPOINDONESIA.id - Ada etika yang harus kalian ketahui ketika lewat depan orang tua atau lewat di depan orang yang lebih tua dari kita. Tidak hanya yang lebih tua, jika jabatan dari orang tersebut lebih tinggi kita juga diharuskan menggunakan etika.

Beberapa dari kalian mungkin sudah tau apa etika ketika lewat depan orang tua. Walaupun ada yang sudah tau yang belum tau saya yakin masih banyak. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai etika tersebut.

Yaitu etika ketika kalian lewat didepan orang yang lebih tua atau lewat didepan orang yang jabatannya lebih tinggi. Ini seperti sopan santun jika kalian lupa atau tidak sadar bukan masalah besar jadi tidak perlu khawatir.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas apa saja etika dan cara saat lewat didepan orang tua atau orang yang lebih tua secara sopan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan antara T-Shirt dan Shirt serta arti kemarin dan besok dalam Bahasa Jawa halus.

Cukup Anggukan Kepala


Apabila orang tersebut jaraknya cukup jauh lebih dari 3 meter kalian cukup dengan anggukan kepala. Saat menganggukkan kepala kalian bisa sambil senyum dan katakan "Permisi numpang lewat" atau yang lainnya.

Bungkukan Badan Jika Perlu


Apabila jaraknya kurang dari 3 meter tidak cukup dengan menganggukkan kepala, jadi silakan kalian bungkukan badan dan tangan kanan lurus kebawah. Semakin bungkuk artinya semakin sopan tetapi sebenarnya ini tidak perlu diperhatikan jadi secukupnya saja.

Apa Wajib Mengatakan Permisi?


Tergantung dari situasi dan kondisi, jika situasi sedang santai kalian tidak perlu ucapkan permisi cukup anggukan kepala atau bungkukan badan saja. Tetapi jika sedang serius biasanya orang tidak akan melihat apa yang sedang di depannya jadi silakan katakan permisi.

Bagaimana Jika Orangnya Banyak?


Jika banyak bisa kalian sesuaikan saja khusus orang yang memang kalian anggap perlu kalian hormati. Atau cukup bungkukan badan sekali dan ucapkan permisi saat awal dan kalian tinggal lanjut berjalan walaupun masih banyak orang lain.

Setidaknya yang kalian perlu tau yaitu membungkukkan badan jika jaraknya dekat tetapi jika cukup jauh cukup anggukan kepala saja. Ucapan permisi juga tergantung dari situasi jadi bisa kalian ucapkan jika memang perlu.

Jika orang tersebut kenal dengan kalian dan kalian juga kenal tidak ada salahnya untuk berjabat tangan sebentar. Tidak usah ragu asalkan kalian saling mengenal tidak usah ragu untuk memulai berjabat tangan.

Sekian pembahasan dari saya mengenai etika saat lewat depan orang tua dan yang lebih tua. Sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau apa arti dari kata so fun kalian bisa baca artikel mengenai apa bahasa gaul dari so fun.


EmoticonEmoticon