Perbedaan Salin URL dan Salin Teks Link di Google Chrome

Perbedaan Salin URL dan Salin Teks Link di Google Chrome

KEPOINDONESIA.id - Mungkin kalian masih bingung dengan beberapa fitur yang ada di Google Chrome saat kalian menahan lama. Akan muncul pop-up tindakan yang bisa kalian lakukan mulai dari Buka pada tab baru di grup sampai Bagikan link.

Akan saya bahas semua tindakan-tindakan yang jumlahnya 9 tindakan. Tetapi sesuai judul fokus awal pada 2 tindakan yang biasanya membuat saya keliru. Tidak hanya saya saja tetapi saya jamin semua pengguna Google Chrome Android.

Tindakan tersebut yaitu Salin URL dan Salin Teks Link. Saya terkadang keliru dan yang saya inginkan yaitu Salin URL. Tetapi entah kenapa terkadang yang saya pilih Salin teks link jadi saya harus mengulanginya dari awal.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu Salin teks link dan Salin URL serta tindakan lainnya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara tambah  tab baru di Google Chrome serta cara mengganti bahasa aplikasi di Google Chrome.

Buka Pada Tab Baru di Grup


Tindakan ini berfungsi untuk membuat tab baru tetapi didalam grup tab yang sudah kalian buat. Karena memang Google Chrome sudah mendukung tab grup jadi tab yang banyak tidak akan mengganggu.

Buka di Tab Baru


Tindakan ini berfungsi untuk membuat tab baru pada umumnya dan tidak dalam tab grup. Seperti menambah tab baru sebelum Google Chrome mendukung tab grup.

Buka di Tab Samaran


Tindakan ini akan membuat halaman dibuka di Tab  Samaran atau Mode Incognito secara otomatis tanpa kalian mengakses Mode Samaran terlebih dahulu. Ini lebih efisien dan wajib kalian gunakan di beberapa situasi.

Pratinjau Halaman


Tindakan ini untuk melihat halaman tanpa mengakses halaman tersebut. Fitur ini mungkin mirip dengan 3D Touch yang ada di iPhone yang berfungsi untuk mengintip dan melihat isi halaman tanpa mengaksesnya.

Salin URL


Tindakan ini berfungsi untuk menyalin link, tautan, atau URL secara langsung tanpa membuka dan mengakses halaman tersebut. Cara ini biasa saya lakukan untuk mempercepat proses mendapatkan link atau tautan.

Salin Teks Link


Berbeda dengan Salin URL, tindakan ini menyalin teks yang ada link atau tautannya tadi dan bukan tautannya yang disalin tetapi teks atau tulisannya.

Download Link


Tindakan ini untuk menyimpan tautan atau URL menjadi file .TXT dengan cara mengunduhnya. Entah kegunaannya untuk apa tetapi ini bisa kalian manfaatkan.

Tambah ke Daftar Bawaan


Tindakan ini akan menambah halaman ke daftar bacaan secara langsung tanpa perlu kalian akses terlebih dahulu halaman tersebut.

Bagikan Link


Sesuai namanya tindakan ini bisa kalian gunakan untuk membagikan link tersebut. Baik dengan tautan atau langsung dibagikanke aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Telegram, atau ke Email.

Tindakan di Google Chrome for mobile pada Android khususnya memang cukup banyak. Jika dibandingkan dengan yang di Windows masih banyak yang ada di Android. Dan jika dibandingkan dengan iOS sama banyaknya tetapi kemungkinan ada sedikit perbedaan

Saya yakin yang paling sering kalian gunakan yaitu Salin URL. Karena memang fitur ini sangat membantu di beberapa situasi. Misalnya terkadang tautan halaman berubah ketika sudah dikunjungi. Untuk tau tautan aslinya maka kalian bisa Salin URL sebelum mengunjunginya.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai tindakan yang ada di Google Chrome Android. Sebelum saya akhiri jika kalian terhubung ke internet tetapi di Google Chrome terdeteksi offline kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon