4 Cara Mengatasi Tombol Mesin Cuci Yang Tidak Berfungsi

4 Cara Mengatasi Tombol Mesin Cuci Yang Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Mesin cuci memiliki banyak tombol yang terkadang membingungkan penggunanya. Khususnya yang memang belum pernah menggunakan mesin cuci, saya jamin akan bingung sebingung-bingungnya karena memang tombolnya sangat banyak.

Banyaknya tombol di mesin cuci menandakan bahwa mesin cuci memiliki banyak fitur manual. Tidak seperti kulkas yang rata-rata tidak memiliki tombol, mesin cuci memiliki banyak tombol dan yang pasti ada yaitu tombol ON/OFF atau yang dikenal tombol Power.

Beberapa tombol di mesin cuci yaitu mulai dari tombol Power, tombol Pause/Jeda, tombol Water Level, tombol Wash, tombol Spin, tombol Prewash, dan masih banyak yang lainnya. Bagaimana jika salah satu atau beberapa tombol di mesin cuci tidak berfungsi?.

Bisa ditekan tetapi tidak merespon, karena jika ditekan saja pasti bisa. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau fungsi tombol IE dan UE di mesin cuci serta kenapa ada air yang menetes dari knalpot sepeda motor bagian bawah.

Tunggu Sebentar


Apabila salah satu tombol tidak berfungsi di mesin cuci yang bisa kalian lakukan supaya tidak error yaitu dengan menunggu. Jangan dibiasakan beberapa detik tidak ada respon langsung kalian tekan lagi karena ini bisa membuat error.

Tekan Lagi Jika Sudah 1 Menit


Jika sudah kalian tunggu 30 detik sampai 1 menit tetapi masih tidak ada respon padahal biasanya cepat kalian bisa tekan tombol tersebut lagi. Ingat setelah menekan kalian tunggu lagi seperti cara pertama.

Matikan Mesin Cuci


Apabila yang bermasalah selain tombol Power kalian bisa mematikan mesin cuci terlebih dahulu menggunakan tombol Power. Cara ini supaya sistem dari mesin cuci normal dan jika ada error diharapkan sudah hilang setelah dihidupkan kembali.

Lepas Stop Kontak


Apabila yang bermasalah tombol Power atau tombol ON/OFF kalian bisa matikan mesin cuci dengan cara lepas dari stop kontak. Tunggu beberapa detik lalu hubungan lagi dengan listrik PLN dan coba apakah normal atau bermasalah.

Misalnya masih bermasalah setelah mencoba beberapa cara yang sudah saya sebutkan supaya tidak tambah rusak lebih baik kalian panggilan tukang servis mesin cuci. Atau kalian para suami bisa cari informasi masalah mesin cuci kalian di YouTube atau dimanapun itu.

Masing-masing mesin cuci beda merek dan beda tipe masalahnya terkadang berbeda juga. Oleh karena itu apa yang saya sebutkan ini berlaku secara umum. Untuk yang spesifik bisa kalian cari tau atau bisa di analisa sendiri.

Sekian pembahasan dari saya mengenai tombol di mesin cuci yang bermasalah dan tidak berfungsi. Sebelum saya akhiri kalian perlu tau fungsi utama dari Kipas Angin dan AC, keduanya memiliki fungsi utama yang berbeda jadi bisa kalian sesuaikan.


EmoticonEmoticon