Penyebab VoLTE di Operator 3 atau Tri Tidak Muncul

Penyebab VoLTE di Operator 3 atau Tri Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - Operator seluler Tri atau 3 mulai menghadirkan VoLTE menyusul beberapa operator seluler lainnya seperti Telkomsel. Walaupun tidak dibutuhkan tetapi VoLTE cukup membantu untuk meningkatkan layanan SMS dan telepon di jaringan 4G.

Seperti yang kalian tau di jaringan 4G layanan SMS dan telepon tidak bisa digunakan. Untuk menggunakannya dibutuhkan yang namanya VoLTE. Karena Smartfren hanya memiliki jaringan 4G bagi operator Smartfren fitur VoLTE sifatnya wajib.

Sedangkan untuk operator lain memiliki jaringan dibawah VoLTE baik 3G atau 2G. Jadi saat mengirim atau menerima SMS serta menerima atau membuat panggilan telepon jaringan akan turun terlebih dahulu secara otomatis.

Tetapi memang VoLTE perlu dikembangkan supaya operator Tri tidak tertinggal dengan operator seluler lainnya. Apa benar Tri sudah mendukung VoLTE? jawabannya benar. Hanya saja masih di fase awal-awal dan ada beberapa ketentuan yang berlaku.

Untuk tau apa saja ketentuannya yang bisa membuat VoLTE 3 tidak muncul kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menonaktifkan VoLTE di semua operator supaya tidak muncul serta solusi mengatasi PING yang 999+ terus saat bermain game.

Kartu 3 Belum 4G


Saya yakin semua kartu Tri baru pasti sudah 4G. Tetapi jika kalian sebelumnya masih menggunakan kartu 3 lama dan baru pertama kalian menggunakan smartphone maka sudah dipastikan kartu 3 yang kalian miliki belum mendukung jaringan 4G. Jadi perlu proses migrasi terlebih dahulu jika memang belum 4G.

Area Belum Mendukung VoLTE


Selain kartu area juga sangat berpengaruh. Bisa dikatakan jangkauan 4G Tri di Jawa sudah sangat luas hingga ke pelosok. Itu untuk jaringan 4G saja, bagaimana dengan VoLTE?. Kemungkinan saja berbeda jadi tunggu terus karena ini masih di fase awal.

Perangkat Belum Mendukung


Ingat yang saya sebutkan belum mendukung bukan tidak mendukung. Karena bisa dikatakan semua perangkat yang menggunakan jaringan 4G pasti mendukung VoLTE. Setidaknya ada 5 perangkat yang sudah mendukung mulai dari Samsung Galaxy S23 Series, iPhone 13 dan 14 Series, Xiaomi 12T, Xiaomi POCO F4 GT, dan Vivo V27e.

Ini masih fase-fase sangat awal jadi jika sekarang kalian belum bisa mengaktifkan VoLTE dari operator 3 kalian tidak perlu khawatir. Saya sendiri tidak begitu menunggu karena VoLTE jika diaktifkan akan sedikit membuat penggunaan baterai menjadi banyak.

Karena sudah menjadi satu perusahaan dengan Indosat kini sinyal 3 jauh lebih luas dan lebih stabil. Masalah sinyal menghilang saat hujan tidak akan kalian alami lagi karena jika hilang akan langsung tercover oleh sinyal dari BTS Indosat.

Jaringan 3G di HP kalian hilang atau tidak mau muncul lagi?. Jika kalian mengalami kalian perlu tau mengenai nasib jaringan 3G di Indonesia. 3G bisa dikatakan sudah tidak tersedia lagi karena untuk masalah internet sudah sepenuhnya digantikan oleh jaringan 4G.


EmoticonEmoticon