Cara Mengatasi Tidak Bisa Menemukan SIM 1 Sebagai Kartu Data Seluler

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menemukan SIM 1 Sebagai Kartu Data Seluler

KEPOINDONESIA.id - SIM 1 biasanya kita gunakan sebagai SIM utama untuk keperluan internetan, SMSan, serta menelpon. Sedangkan di SIM 2 rata-rata tidak terpakai alias hanya nomor yang dulu sudah dimiliki dan sayang jika tidak digunakan karena sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Kasus SIM 1 tidak bisa digunakan ternyata bisa terjadi seperti tidak dapat menemukan SIM 1. Tidak dapat temukan SIM 1 membuat SIM 1 tidak bisa digunakan untuk internetan karena tidak bisa diatur sebagai kartu data seluler.

Notifikasi yang akan kalian temui kurang lebih seperti ini "Tidak dapat temukan SIM 1. SIM 2 di setel sebagai kartu data seluler bawaan Anda sekarang. Data seluler dimatikan untuk menghindari biaya operator yang tidak dibutuhkan.". Kenapa bisa seperti itu dan bagaimana solusinya?.

Untuk penyebab pastinya saya sendiri kurang begitu tau. Tetapi ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya SIM 1 bisa digunakan untuk internetan. Untuk tau caranya silakan kalian baca artikel ini sampai selesai supaya kalian tau.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa SIM 2 tidak bisa internetan serta jika kalian belum tau cara login admin TP-Link kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut.

Reboot Perangkat, Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu reboot perangkat atau HP yang kalian miliki. Silakan reboot dan berharap saja hanya sekedar error dan setelah di reboot normal kembali.

Lepas Kartu SIM Dari Slot SIM
, Setelah kalian mencoba reboot tetapi tidak berhasil kalian bisa coba lepas slot SIM baik SIM 1 dan SIM 2. Sebelum kalian masukkan kembali silakan lap dan bersihkan dengan kain bersih pada bagian kuningan kartu SIM.

Kembali ke Setelan Pabrik, Apabila masih belum berhasil kalian bisa coba kembali ke setelah pabrik atau biasa disebut hard reset. Cara ini cukup manjur apabila error berat yang tidak bisa diatasi dengan cara reboot perangkat

Masalah Lainnya, Misalnya sudah kembali ke setelan pabrik tetapi tetap tidak bisa untuk internetan SIM 1 nya maka bisa disimpulkan ada masalah. Seperti slot SIM 1 rusak, IMEI SIM 1 bisa saja hilang atau berubah, atau karena faktor lainnya.

Menindak lanjuti masalah tersebut kalian bisa bawa HP kalian ke tempat servis. Jika dekat dengan service center resmi dan masih garansi lebih baik bawa ke SC resmi saja karena proses perbaikannya bisa lebih baik.

Saya sendiri belum pernah mengalami SIM 1 tidak bisa digunakan sebagai data seluler. Tetapi untuk masalah SIM 2 tidak bisa memunculkan sinyal 4g pernah saya alami alias bisa untuk internetan tetapi hanya 2g saja.

Jadi sebelum saya akhiri apabila jaringan 4g tidak muncul di SIM 2 kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai SIM 2 yang tidak bisa menggunakan jaringan 4g seperti yang ada di SIM 1.


EmoticonEmoticon