Pengertian dan Perbedaan ANGKOT, AKAP, AKDP, dan ANGDES Yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian dan Perbedaan ANGKOT, AKAP, AKDP, dan ANGDES Yang Perlu Kamu Ketahui

KEPOINDONESIA.id - Sarana transportasi umum yang mungkin paling sering kalian dengar yaitu Angkot ataupun AKAP. Untuk AKAP saya kira hanya beberapa orang saja yang tau tetapi untuk Angkot saya yakin semuanya pasti tau dan pernah menggunakannya.

Ada transportasi umum yang memang benar-benar seperti Angkot yaitu Angdes. Hanya saja saya kira Angdes sudah hilang atau sudah sangat jarang semenjak beberapa tahun yang lalu dan yang masih ada dan sering ditemui sekarang hanya Angkot saja.

Selain AKAP, Angkot, dan Angdes apa ada yang lain? jawabannya ada yaitu AKDP. Daripada AKAP kata AKDP masih kurang familiar dan saya sendiri sangat jarang mendengarnya. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas apa yang disebut dari keempat moda transportasi tadi.

Yang pertama AKAP, yang kedua Angkot, ketiga Angdes, dan yang keempat AKDP. Walaupun di kota kalian beberapa tidak ada setidaknya kalian tau arti dan kepanjangannya. Karena memiliki wawasan itu penting walaupun tidak ada gunanya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan keempat hal tadi kalian bisa baca beberapa pembahasan menarik lainnya. Seperti apa yang dimaksud dengan ASAP dalam bahasa gaul serta apa yang dimaksud dengan TBD di forum dan diskusi.

AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi)


Angkutan Kota Antar Provinsi atau yang sering disebut AKAP adalah transportasi yang digunakan untuk melayani penumpang yang ingin berpindah ke kota satu ke kota lainnya yang berbeda provinsi. Biasanya transportasi ini berupa Bus besar dan Minibus untuk keperluan travel.

Angkot (Angkutan Perkotaan)


Angkutan Perkotaan atau yang sering disebut Angkot merupakan transportasi umum yang melayani pergerakan dan mobilitas masyarakat di dalam satu kota. Angkot memiliki rute yang terbatas oleh karena itu untuk pergi dari ujung ke ujung minimal kalian harus naik 2 jurusan Angkot.

Angdes (Angkutan Perdesaan)


Seperti namanya Angkutan Perdesaan atau Angdes merupakan transportasi yang beroperasi di perdesaan yang melayani rute dari desa satu ke desa tetangga atau desa lainnya. Sudah tidak ada sejak beberapa tahun yang lalu saya sendiri belum pernah menggunakannya.

AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi)


Apabila kalian ingin berpergian jauh ke luar provinsi atau luar pulau perlu naik AKAP tetapi jika ingin pindah dari satu kota ke kota lainnya yang masih satu provinsi kalian hanya perlu naik AKDP atau Antar Kota Dalam Provinsi. Kendaraannya bisa Bus atau Minibus tetapi spesifikasinya yang hanya full penumpang alias tidak ada toilet.

Sangat disayangkan semakin hari moda transportasi darat ini mulai berkurang karena kalah saing dengan kendaraan pribadi dan sepeda motor. Khususnya Angkot di kota saya angkot sudah mulai sepi tidak seperti dulu lagi.

Bagi yang bisa membeli kendaraan pribadi atau sepeda motor mungkin memiliki kendaraan sendiri lebih hemat. Tetapi yang tidak bisa membelinya akan kesulitan apabila transportasi seperti Angkot sudah mulai sedikit.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apakah kalian tau apa yang disebut dengan Quality Time?. Apabila kalian belum atau tidak tau kalian bisa baca apa itu yang disebut dengan Quality Time baik dengan teman, pacar, ataupun keluarga.


EmoticonEmoticon