Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Dari Play Store Karena Tidak Bisa Membuat Sambungan Server

Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Dari Play Store Karena Tidak Bisa Membuat Sambungan Server

KEPOINDONESIA.id - Asalkan koneksi internet lancar dan ruang penyimpanan yang tersedia mencukupi kalian pasti bisa mengunduh dan instal aplikasi yang ada di Play Store. Karena faktor utama kenapa kalian tidak bisa install aplikasi dan game karena dua hal tadi.

Yang pertama karena koneksi internet jadi proses download tidak berjalan. Sedangkan yang kedua karena ruang penyimpanan yang tersedia tidak mencukupi. Jika tidak mencukupi proses download tidak akan berjalan.

Bisa saja berjalan tetapi akhirnya akan gagal. Kedua masalah tersebut sudah sangat umum dan saya yakin kalian sudah tau cara mengatasinya. Bagaimana jika ada masalah lain yang membuat kalian tidak bisa install game dan aplikasi yang ada di Play Store.

Jadi saat kalian tekan tombol Instal bisa dan muncul error dengan keterangan seperti ini "Buka aplikasi saya untuk membuat sambungan dengan benar". Masalah ini saya sendiri belum pernah mengalaminya.

Tetapi saya lihat belakangan ini banyak pengguna Android yang mengalami masalah serupa. Yaitu tidak bisa instal dari Play Store dengan keterangan seperti apa yang sudah saya sebutkan. Bagaimana solusinya?.

Solusinya mudah saja, ada beberapa solusi yang bisa kalian coba. Namun sebelum saya sebutkan solusinya kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan Ranah Anak di HP Realme dan Oppo serta cara mengurutkan aplikasi berdasarkan nama di App Drawer.

Pastikan Koneksi Internet, Karena pada keterangan yang sudah saya sebutkan tadi ada kata server maka pertama kalian bisa pastikan koneksi internet yang kalian gunakan lancar dan tanpa ada gangguan.

Tutup Play Store Dari Recent Apps, Apabila kalian sudah memastikan bahwa koneksi internet tidak ada masalah dan gangguan kalian bisa coba tutup Play Store lewat Recent Apps. Jika perlu hentikan paksa juga dan coba instal ulang aplikasi sebelumnya yang tadi gagal.

Hapus Cache dan Data Aplikasi Play Store, Apabila kalian sudah hentikan paksa Play Store tetapi tetap saja aplikasi terkait tidak bisa di install maka kalian bisa coba hapus cache Play Store. Apabila masih belum berhasil silakan hapus data aplikasi Play Store supaya setelan kembali seperti awal.

Reboot Perangkat, Banyak pengguna yang berhasil mengatasi permasalahan tadi dengan menghapus data aplikasi Play Store. Apabila belum normal setelah hapus data aplikasi Play Store kalian bisa langsung reboot perangkat yang kalian miliki.

Masalah buka aplikasi saya di Play Store saat install aplikasi baru kali ini saya ketahui. Saya kurang tau pasti apa penyebabnya tetapi menurut saya ada 2 hal yang mungkin bisa menyebabkan hal tersebut.

Yang pertama mungkin saja kalian terlalu sering instal aplikasi modifikasi jadi Play Store mendeteksi bahwa kalian sudah memiliki aplikasi tersebut. Sedangkan yang kedua kemungkinan karena kalian sering install aplikasi selain lewat Play Store seperti GetApps yang ada di Xiaomi.

Itu dia pembahasan kali ini mengenai Play Store tidak bisa install aplikasi. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami aplikasi Telegram memperbarui atau menghubungkan terus kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon