Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Darurat di Samsung

Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Darurat di Samsung

KEPOINDONESIA.id - Apakah kalian ingat dengan artikel Penghemat Daya Ultra yang ada di Xiaomi? jika kalian ingat ternyata ada fitur serupa dan ini hanya ada di perangkat Android Samsung. Mode Darurat, mode yang hampir sama seperti Penghemat Daya Ultra yang ada di Xiaomi.

Tidak hanya sekedar sama, tetapi saya kira memang konsepnya serupa hanya saja namanya yang berbeda. Selain itu pemberian nama Mode Darurat membuat banyak pengguna Samsung menjadi salah paham dengan fitur ini.

Kalian pasti tidak asing dengan Panggilan Darurat. Panggilan Darurat adalah fitur unik yang bisa digunakan oleh pengguna saat dalam keadaan mendesak. Untuk fitur yang ada di masing-masing perangkat memang berbeda-beda, tetapi tujuan Panggilan Darurat tetap sama yaitu menghubungi seseorang dengan cepat dalam situasi darurat.

Tetapi apakah Mode Darurat yang ada di Samsung sama dengan Panggilan Darurat? sayangnya berbeda dan sangat jauh berbeda. Entah kenapa Samsung memberi nama fitur ini Mode Darurat padahal berkaitan dengan baterai.

Untuk lebih jelas mengenai Mode Darurat yang ada di Samsung kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi mengatasi tombol Power HP yang keras serta fungsi Mode Daya Rendah di iPhone.

Mode Darurat di Samsung


Singkatnya Mode Darurat ialah mode yang benar-benar membatasi kinerja perangkat supaya daya tahan baterai menjadi lebih lama lagi. Jadi sebenarnya Darurat disini merujuk pada baterai supaya baterai HP tidak cepat habis karena kemungkinan tidak akan bisa mengisi daya jika baterai HP sudah habis.

Bukan Darurat karena situasi atau hal-hal yang berbahaya. Konsepnya saya katakan hampir sama seperti Penghemat Daya Ultra yang ada di Xiaomi. Yaitu lebih ekstrim dari Penghemat Daya biasa karena benar-benar memangkas kinerja perangkat.

Selain kinerja perangkat yang dibatasi secara maksimal banyak fitur tidak akan bisa digunakan untuk menghemat daya karena fitur tersebut dirasa tidak penting. Data Seluler, Wifi, beberapa aplikasi, dan lainnya tidak akan bisa digunakan.

Hanya aplikasi-aplikasi khusus saja seperti pesan teks atau SMS, Telepon atau Panggilan, Lampu Senter, dan beberapa fitur penting lainnya. Dengan begitu baterai akan lebih hemat dan lebih hemat dari pada penghemat daya baterai.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Darurat Samsung


Untuk mengaktifkan Mode Darurat kalian bisa tekan tombol Power beberapa detik hingga muncul pilihan Matikan, Mulai Ulang, dan Mode Darurat. Untuk mengaktifkan Mode Darurat silakan kalian pilih Mode Darurat.

Jika tidak ada pilihan Mode Darurat berarti perangkat kalian belum mendukung atau sistem operasi yang ada di HP kalian perlu diperbarui terlebih dahulu. Kemudian kalian setujui Syarat dan Ketentuan lalu tekan Setuju.

Sedangkan untuk menonaktifkan atau mematikan Mode Darurat kalian bisa tekan titik tiga di pojok kanan atas saat di dalam Mode Darurat lalu pilih Nonaktifkan Mode Darurat. Maka nantinya Mode Darurat akan nonaktif dan perangkat kalian bisa digunakan seperti semula.

Apa Mode Darurat berbahaya? tentu saja tidak. Tetapi kalian harus tau bahwa saat di Mode Darurat tampilan akan berbeda dan beberapa fitur tidak akan bisa digunakan. Yang jelas di dalam mode ini baterai akan dihemat sampai benar-benar hemat seperti saat perangkat dimatikan.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga kalian pengguna Samsung tau tentang apa itu Mode Darurat. Sering mengatur kecerahan layar paling terang? apakah ada efeknya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon