Apa Bisa Mengubah Lokasi Penyimpanan Video di CapCut? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Apa Bisa Mengubah Lokasi Penyimpanan Video di CapCut? Simak Penjelasannya Berikut Ini

KEPOINDONESIA.id - CapCut sebagai aplikasi video editing memiliki fitur yang sangatlah lengkap. Saya kira untuk aplikasi video editing di perangkat mobile fitur yang ada di CapCut terlalu lengkap dan sangat lebih dari cukup.

Saat selesai melakukan proses editing kalian perlu export video yang sudah kalian edit supaya hasil editan tersimpan dan bisa kalian lihat serta unggah ke internet. Jika belum kalian edit video tersebut sepenuhnya masih dalam proses editing.

Ketika kalian tidak sengaja menghapus projek terkait semua hasil editan tadi bisa hilang begitu saja. Nah karena hasil export video ukurannya terkadang besar-besar banyak pengguna yang menginginkan hasil export video dari CapCut otomatis tersimpan di Kartu SD.

Hal ini bukan tanpa alasan karena rata-rata semua aplikasi di perangkat Android datanya akan tersimpan di penyimpanan internal secara default dan bisa disimpan ke kartu SD jika diubah. Apakah di CapCut bisa juga diubah supaya disimpan ke Kartu SD atau SD Card?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum ke pembahasan utamanya kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi OTG yang tidak berfungsi serta cara memasang dan melepas kartu SD tanpa mematikan HP.

Sayangnya di Pengaturan aplikasi CapCut tidak ada opsi untuk mengatur lokasi penyimpanan. Dan secara default semua video yang di export lewat CapCut akan tersimpan di DCIM/Camera dan tidak tersimpan di folder CapCut.

Nah untuk mengakalinya supaya penyimpanan internal tidak terbebani oleh video yang sudah di export dari CapCut silakan kalian pindahkan semua video yang sudah di export tadi. Kalian pindah ke penyimpanan kartu SD dan bebas ingin disimpan di folder mana.

Atau jika kalian Youtuber setelah kalian upload dan hapus kalian tidak usah pindahkan karena nantinya videonya juga akan kalian hapus. Yang jelaskan tidak ada opsi untuk mengatur lokasi penyimpanan di aplikasi CapCut.

Perlu kalian ketahui ukuran hasil export video dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang pertama ukuran asli dari video terkait, yang kedua panjangnya durasi video, ketiga komponen editan yang kalian tambahkan, dan yang keempat dari kualitas video saat di export.

Penting sekali menghapus hasil video yang sudah tidak kalian butuhkan supaya penyimpanan internal tidak penuh. Khususnya jika HP kalian masih menggunakan penyimpanan 64 GB atau dibawahnya lagi seperti 32 GB.

Berbeda dengan CapCut jika kalian pengguna VivaVideo kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatur lokasi penyimpanan video hasil export VivaVideo. Bisa kalian atur sampai ke lokasi foldernya sesuai dengan keinginan kalian.


EmoticonEmoticon