Cara Mengatasi Penggunaan CPU Google Chrome Yang Tinggi atau 100% Terus

Cara Mengatasi Penggunaan CPU Google Chrome Yang Tinggi atau 100% Terus

KEPOINDONESIA.id - Google Chrome merupakan aplikasi standar yang penggunaan CPU yang terbilang cukup tinggi. Bagi kalian yang sering menggunakan Laptop atau PC dan browser yang sering kalian gunakan Google Chrome saran saya coba kalian cek Task Manager.

Apakah pengguna Google Chrome pada bagian CPU tinggi atau tidak. Jika tinggi kemungkinan ada beberapa masalah yang perlu kalian atasi khususnya jika penggunaan CPU tinggi terus dan tidak turun sama sekali selama browser Chrome dibuka.

Jika dibilang berat sebenarnya Google Chrome tidak berat dan jika dikatakan ringan Google Chrome juga tidak ringan. Tetapi entah kenapa dari beberapa browser yang ada untuk Windows Google Chrome lah yang selalu banyak penggunaan sumber daya.

Mulai dari CPU atau prosesor, RAM atau memori, dan terkadang Disk atau penyimpanan. Tetapi uniknya di Task Manager tinggi tetapi tidak ada lag dan lambat sama sekali berbeda dengan aplikasi seperti Adobe Photoshop.

Jika penggunaan Adobe Photoshop tinggi pada CPU dan RAM biasanya perangkat akan muncul sedikit lag dan terkadang not responding. Lalu bagaimana cara mengatasi Google Chrome terlalu membebani CPU di Laptop dan Komputer?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya seperti cara mengatasi Google Chrome di Windows tidak bisa diperbarui serta cara mengatasi fitur terjemahan di Google Chrome yang tidak tampil.

Cara Supaya Google Chrome Tidak Menggunakan CPU Terlalu Tinggi


1. Jangan Terlalu Banyak Install Ekstensi


Yang pertama kalian jangan terlalu banyak menginstall ekstensi atau extension. Memang ada banyak ekstensi yang bagus tetapi jika terlalu banyak akan membebani Google Chrome karena ekstensi berjalan di latar belakang.

2. Usahakan Google Chrome Selalu di Versi Terbaru


Secara default Google Chrome akan melakukan pembaruan secara otomatis dan kalian wajib memastikan bahwa pembaruan tersebut aktif dan selalu berjalan. Karena jika pembaruan gagal dan versi Google Chrome terlalu lawas Google Chrome tidak akan berfungsi secara maksimal.

3. Rutin Hapus Cache Google Chrome


Dan yang terakhir untuk mengatasi dan mencegah Google Chrome menggunakan CPU sampai 100% terus kalian bisa hapus cache Google Chrome secara rutin. Cache Google Chrome terbilang sangat banyak karena aplikasi browser selalu terhubung dengan internet.

Di artikel sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai CPU tinggi karena Google Chrome. Sebagai pelengkap artikel ini kalian juga bisa baca artikel tersebut dan nantinya kalian bisa mengatasi dengan tuntas Google Chrome yang terlalu banyak menggunakan CPU.

Misalnya kalian ingin menggunakan browser yang lebih banyak ada beberapa browser ringan yang bisa kalian coba pada perangkat Windows salah satunya Brave Browser dan Microsoft Edge Chromium.

Dan sebelum saya akhiri apakah kalian pernah mengalami tidak bisa memuat halaman dan muncul pemberitahuan anda sedang offline? jika kalian sering mengalaminya kalian bisa baca artikel mengenai tidak bisa menggunakan Google Chrome karena sedang offline.


EmoticonEmoticon