3 Cara Mengatasi Penggunaan CPU Tinggi di Windows Karena Google Chrome

3 Cara Mengatasi Penggunaan CPU Tinggi di Windows Karena Google Chrome

KEPOINDONESIA.id - Salah satu program yang sering membuat penggunaan CPU tinggi di perangkat Windows yaitu Google Chrome. Saya yakin pengguna Windows 10 tidak asing lagi dengan Google Chrome yang selalu menggunakan CPU hingga 100% terus.

Aplikasi berat memang membutuhkan CPU dan RAM yang banyak saat dibuka dan dijalankan. Akan tetapi Chrome terlalu berlebihan karena penggunaan CPU tidak sebanding dengan penggunaan Chrome yang hanya sebatas browsing ringan.

CPU tinggi karena mengakses Google Chrome memang tidak membuat Chrome dan perangkat yang kalian gunakan lag atau lambat. Berbeda jika kalian membuka dan menjalankan game berat selain penggunaan CPU yang tinggi maka perangkat juga akan lag dan kemungkinan aplikasi not responding.

Karena tidak mempengaruhi kinerja jadi sebenarnya Google Chrome yang memakan penggunaan CPU terlalu banyak bisa kalian abaikan. Tetapi jika kalian ingin mengatasinya kalian bisa baca artikel ini.

Walaupun tidak membuat perangkat lambat tetapi jika CPU selalu tinggi atau 100% terus bisa membuat komponen CPU menjadi cepat rusak. Tidak pasti memang tetapi kemungkinan rusak dan bermasalah semakin tinggi jika kinerja CPU selalu berat setiap harinya.

Untuk tau cara mengatasi CPU usage 100% atau tinggi karena Google Chrome kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi file yang ada di Windows tidak bisa dihapus serta solusi mengatasi tidak bisa install aplikasi Google Lens.

Solusi Mengatasi CPU Usage 100% Terus Karena Google Chrome


1. Hapus Cache Google Chrome


Yang pertama kalian bisa hapus cache aplikasi Google Chrome yang kalian gunakan. Dengan menghapus cache dan sampah yang ada di Chrome akan membuat Chrome menjadi lebih ringan. Jika lebih ringan penggunaan CPU tidak akan terlalu berat.

Bagaimana cara menghapus data dan cache yang tidak berguna di Chrome desktop? cara mudah sekali. Silakan kalian buka Setelan lalu pilih Privasi dan keamanan. Selanjutnya pilih Hapus data penjelajah dan pilih rentang waktu serta data apa yang ingin kalian hapus.

2. Pastikan Google Chrome Kalian Versi Terbaru


Google Chrome for Windows akan diperbarui secara otomatis jadi kalian tetap aman jika browsing dengan Chrome. Akan tetapi terkadang proses pembaruan gagal dan jika sudah tertinggal beberapa versi biasanya membuat kinerja Chrome berat dengan ciri Chrome menggunakan CPU terlalu berlebihan.

Kalian cek saja di Bantuan lalu pilih Tentang Google Chrome apakah versi Chrome yang kalian gunakan versi terbaru atau tidak. Jika versi lama dan pembaruan gagal kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas mengenai tips mengatasi pembaruan Google Chrome Windows yang gagal terus.

3. Hapus Ekstensi Yang Tidak Berguna


Ekstensi memang memiliki banyak kelebihan oleh karena itu browser tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses internet dan kebutuhan ringan lainnya. Dengan adanya ekstensi kalian bisa melakukan banyak hal dengan browser.

Tidak hanya di Chrome, ekstensi juga bisa kalian temukan di Opera Browser dan Mozilla Firefox. Terlalu banyak memasang ekstensi membuat Chrome berat oleh karena itu supaya CPU usage tidak tinggi silakan hapus ekstensi yang tidak berguna.

Selain yang sudah saya sebutkan diatas ada beberapa hal lainnya yang bisa kalian lakukan supaya Chrome tidak menggunakan CPU terlalu banyak. Seperti jangan membuka tab terlalu banyak, jangan terlalu banyak menyimpan Bookmark, atau jangan unduh file besar lewat Chrome langsung karena pasti akan lama.

Dalam jangka panjang sebenarnya tidak masalah karena Chrome tidak menyebabkan lag. Hanya saja saat di cek di Task Manager penggunaan CPU nya memang cukup berlebihan dan bagi sebagian orang merasa risih.

Itu saja pembahasan saya mengenai solusi mengatasi penggunaan CPU Google Chrome yang tinggi semoga bermanfaat. Sering mengalami halaman tidak menanggapi di Google Chrome? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon