Solusi Mengatasi HP Oppo Tidak Bisa Install File APK

Solusi Mengatasi HP Oppo Tidak Bisa Install File APK

KEPOINDONESIA.id - Tidak bisa install aplikasi di perangkat Android memang hal sudah lumrah terjadi. Baik di HP Android dari produsen terkenal atau yang kurang terkenal. Dari HP Android yang mahal sampai HP Android yang murah.

Tetapi bagaimana jika masalah tidak bisa install aplikasi terjadi hanya di HP Oppo saja? jadi jika kalian menginstall file .APK tadi di HP lainnya bisa tetapi jika di install di HP Oppo yang kalian miliki tidak bisa alias akan gagal terus.

Saya pastikan bukan karena perbedaan basis sistem 32 bit dan 64 bit melainkan karena faktor lainnya. Faktor apakah itu? apakah memang di Oppo menginstall aplikasi diluar Play Store dibatasi atau karena hal lain?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan jelaskan kenapa HP Oppo tidak bisa digunakan untuk menginstall aplikasi dari file .APK. Tidak hanya satu atau dua orang saja yang mengalaminya tetapi hampir semua pengguna Oppo.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya mengenai perangkat Android. Seperti cara menghilangkan iklan di File Manager Xiaomi serta cara mengedit nama file dan dokumen di File Explorer Windows.

Langsung saja saya jelaskan kenapa HP Oppo tidak bisa install aplikasi menggunakan file .APK. Setidaknya ada 2 penyebab utama yang perlu kalian ketahui. Penyebab pertama dari ColorOS nya dan yang kedua karena privasi di Android 11.

Jadi kemungkinan ada bug atau masalah pada ColorOS pada perangkat Oppo yang kalian miliki. Bug hanya terjadi di beberapa aplikasi saja karena saat menginstall aplikasi lain dengan APK yang kalian unduh dari internet pasti bisa.

Sedangkan aplikasi yang memang bermasalah dengan ColorOS pasti akan gagal kecuali kalian menginstallnya lewat Play Store. Dan yang kedua karena privasi Android 11 yang memang sedikit membatasi proses penginstalan aplikasi diluar Play Store.

Di perangkat lain saya belum pernah mendengarkan kasus ini, tetapi di HP Oppo ternyata banyak yang mengalaminya. Oleh karena itu jika dirasa dengan file APK tidak bisa lebih baik kalian menginstalannya lewat Play Store.

Selain kedua penyebab tadi kalian harus memastikan hal lainnya. Seperti memastikan file .APK tidak rusak serta memastikan bahwa basisnya sama. Misalnya HP kalian menggunakan OS 32 bit kalian wajib menginstall aplikasi dengan basis 32 bit juga.

Jadi itu dia beberapa penyebab yang menyebabkan HP Oppo yang kalian miliki tidak bisa install aplikasi diluar Play Store atau aplikasi pihak ketiga yang kalian install menggunakan format .APK atau .XAPK.

Dan sebelum saya akhiri apakah kalian pernah mengalami data seluler tidak bisa dimatikan di HP yang kalian miliki? jika iya kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi data seluler atau paket data yang tidak bisa dinonaktifkan di perangkat Android.


EmoticonEmoticon