3 Penyebab Galeri Tidak Bisa Digunakan Untuk Memutar Video

3 Penyebab Galeri Tidak Bisa Digunakan Untuk Memutar Video

KEPOINDONESIA.id - Galeri adalah aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk melihat konten media yang tersimpan di perangkat kalian mulai dari gambar, foto, dan video. Selain gambar, video, dan foto konten seperti GIF juga akan tampil di galeri.

Umumnya jika tidak disembunyikan atau tidak berada di folder khusus semua konten media akan muncul di galeri. Di galeri tidak hanya untuk melihat foto saja tetapi juga bisa kalian gunakan untuk memutar dan menonton video.

Tetapi jelas menonton video langsung di galeri terkadang kurang nyaman karena fiturnya terbatas. Selain fiturnya yang terbatas terkadang kalian tidak bisa memutar video di galeri karena beberapa faktor.

Benar sekali kasus aplikasi Galeri tidak bisa digunakan untuk memutar video dan film sangat sering terjadi. Kenapa bisa seperti itu? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi supaya kalian tetapi bisa menonton video di galeri?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai penyebab video tidak bisa dibuka dan diputar serta kenapa resolusi video di YouTube hanya sampai 480p atau 720p saja.

Penyebab Aplikasi Galeri Tidak Bisa Digunakan Untuk Memutar Video


1. Video Terlalu Berat


Galeri memang dikhususkan untuk mengakses konten media termasuk video dan bisa digunakan untuk memutar video secara langsung. Tetapi jika video terlalu berat kasus video tidak bisa diputar lewat aplikasi Galeri akan terjadi.

Umumnya sebelum tidak bisa digunakan untuk memutar video biasanya konten video akan patah-patah saat diputar. Dan saat kalian ingin memutar konten video video tidak berhasil dibuka dan diputar.


2. Format Video Tidak Didukung Oleh Galeri


Umumnya Galeri hanya mendukung video dengan format .3GP dan .MP4. Sedangkan format lainnya seperti .MKV dan .MOV terkadang tidak bisa dibuka langsung lewat aplikasi Galeri dan wajib kalian putar di aplikasi pemutar video.

Ada 2 aplikasi pemutar video yang saya rekomendasikan untuk perangkat mobile seperti Android dan iOS. Kalian bisa mencoba menggunakan VLC Media Player atau MX Plyaer, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. File Video Rusak


Jika kalian buka dan putar video lewat aplikasi Galeri tidak bisa dan kalian putar di aplikasi pemutar video juga tidak bisa berarti file video tersebut rusak. Jika rusak tidak ada yang bisa kalian lakukan karena memang tidak bisa dibuka.

Tetapi terkadang ada file video yang rusak sebagian saja bisa di awal, pertengahan video, atau akhir video. Tetapi jika ingin kalian putar saja tidak bisa berarti seluruh video memang sudah rusak dan tidak bisa dibuka dan diputar.

Sebenarnya penyebab video tidak bisa dibuka dan aplikasi Galeri tidak bisa memutar video sama saja. Hanya saja jika di galeri ada beberapa penyebab yang memang sering terjadi dikarenakan aplikasi Galeri bukan aplikasi khusus untuk memutar video.

Oleh karena itu softsub yang ada di video .MKV tidak akan muncul saat kalian memutar video lewat Galeri. Ingin menghilangkan subtitle di video MKV? kalian bisa digunakan aplikasi MX Player karena ada fitur khusus subtitle yang bisa kalian gunakan.


EmoticonEmoticon