Penyebab Foto dan Gambar Blur atau Buram Saat Menggunakan Fitur Waktu Penghancur Otomatis di Telegram

Penyebab Foto dan Gambar Blur atau Buram Saat Menggunakan Fitur Waktu Penghancur Otomatis di Telegram

KEPOINDONESIA.id - Telegram memiliki fitur Secret Chat atau Pesan Rahasia yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengirim dan menerima pesan dari pengguna lain secara lebih aman. Untuk obrolan biasa pengguna tidak perlu menggunakan fitur ini.

Saya sendiri belum tau tampilan dari Secret Chat yang ada di Telegram dan bagaimana cara kerjanya. Jadi untuk pembahasan mengenai apa itu Secret Chat serta kelebihan dan keunggulan Secret Chat di Telegram akan saya bahas lain waktu.

Yang akan saya dalami kali ini yaitu mengenai fitur waktu penghancur otomatis yang bisa kalian gunakan saat mengirimkan foto atau gambar dan video di Telegram. Jadi setelah konten media seperti foto dan video dikirimkan konten tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Cara kerjanya sangat sederhana, setelah pesan terkirim dan pengguna membuka konten media tadi maka timer atau waktu akan mulai berjalan. Jika kalian atur 7 detik maka foto atau video akan terhapus dan hilang sendiri setelah 7 detik dari pertama konten tersebut dibuka.

Nah masalah yang saya temui saat dibuka foto tidak tampil atau blur dan buram. Jadi saya belum sempat melihat foto yang dikirimkan oleh seseorang menggunakan waktu penghancur otomatis tetapi fotonya sudah kadaluwarsa terlebih dahulu.

Bagaimana cara mengatasinya? untuk mengatasinya kalian harus tau penyebabnya terlebih dahulu. Jadi saya kali ini akan menjelaskan hal yang bisa menyebabkan foto atau video blur atau buram ketika dibuka saat dikirimkan menggunakan waktu penghancur otomatis atau timer.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya mengenai aplikasi pengirim pesan instan Telegram. Seperti bagaimana cara mencari akun teman di Telegram serta cara menambah stiker yang ada di Telegram.

Ada 2 penyebab utama yang saya ketahui yang bisa menyebabkan foto dan video saat dikirim menggunakan fitur timer menjadi blur. Yang pertama karena file foto terlalu besar yang menyebabkan foto belum termuat tetapi timer nya sudah berakhir.

Jadi jika kalian ingin mengirim foto dengan ukuran file yang besar kalian bisa mengatur waktunya lebih lama. Karena proses mengirim dan memuat akan memakan waktu dan dipengaruhi faktor sinyal juga.

Selain karena foto belum termuat hal tersebut bisa terjadi karena faktor lainnya seperti adanya bug pada perangkat Android kalian. Jadi kemungkinan fitur waktu penghancur otomatis tidak bekerja dengan normal pada beberapa perangkat.

Saat pengguna menerima dan membuka pada perangkat yang memang memiliki bug maka foto dan video hanya blur atau buram. Solusinya? saya kira jika waktu timernya diperpanjang juga tidak akan berpengaruh.

Jadi solusinya jika tidak dikirim seperti biasa alias tanpa timer maka kalian bisa membukanya di perangkat lain yang memang dari segi type dan merek berbeda. Untuk sekarang mungkin hanya itu saja yang saya ketahui.

Masalah aplikasi Telegram yang belum diperbarui saya kira tidak ada hubungannya dan kalian tidak perlu menghapus data atau cache aplikasi Telegram. Jika tidak karena foto terlalu lama memuat maka karena adanya bug.

Sebelum saya akhiri apakah kalian tau cara mengirim file lewat Telegram? seperti mengirim file PDF, Word, atau aplikasi? Jika kalian belum tau caranya kalian bisa baca artikel mengenai cara mengirim sebuah file lewat pesan Telegram ke pengguna lain.


EmoticonEmoticon