Layar Dengan Panel TN dan IPS, Pilih Yang Mana?

Layar Dengan Panel TN dan IPS, Pilih Yang Mana?

KEPOINDONESIA.id - TN dan IPS salah satu panel layar yang sering digunakan di monitor dan Laptop. Jadi jika membeli monitor kalian harus pastikan jenis panel yang digunakan, apakah IPS atau TN. Selain TN dan IPS sebenarnya ada jenis panel lainnya.

Seperti panel VA (Vertical Alignment) dan OLED (Organic Light-Emitting Diode). Panel VN tengah-tengah dari IPS (In-Plane Switching) dan TN (Twisted Nematic) sedangkan OLED adalah panel tertinggi yang sering digunakan atau bisa dikatakan diatas IPS.

Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu antara TN dan IPS, keduanya sama-sama populer digunakan dan TN mewakili panel layar dengan harga murah sedangkan IPS mewakili panel layar dengan harga mahal.

Untuk kebutuhan standar layar atau monitor, dengan panel TN saya rasa lebih dari cukup karena panel ini memiliki kelebihan tersendiri. Tetapi jika kalian ingin kenyamanan saat menatap layar dalam waktu yang lama IPS pilihan terbaik.

Untuk itu kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai panel TN dan panel IPS yang sering digunakan di monitor dan Laptop. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengaktifkan Touch Keyboard di Windows 10 serta hal-hal yang bisa merusak TV yang kalian miliki.

Twisted Nematic (TN)


Panel Twisted Nematic atau yang sering disebut sebagai TN merupakan salah satu panel yang sering digunakan di Laptop dibawah 10 jutaan. Panel ini selain murah mungkin memang lebih dari cukup untuk penggunaan Laptop yang ukuran inci yang tergolong kecil.

TN merupakan panel tertua dari panel-panel lainnya. Walaupun harganya terjangkau panel ini memiliki kelebihan yang tidak ada di panel lainnya yaitu memiliki Response Time yang sangat tinggi.

Cocok bagi para gamer yang suka bermain game yang membutuhkan Refresh rate yang tinggi seperti game FPS. Selain Response Time, untuk hal lainnya panel TN dibawah dari panel-panel lain seperti pada bagian sRGB, sudut pandang, dan lain-lainnya.

In-Plane Switching (IPS)


Bagi kalian seorang editor atau yang sering menatap layar Komputer atau Laptop dalam jangka waktu yang lama menggunakan layar atau monitor dengan panel IPS sangat saya rekomendasikan.

Panel jenis ini memiliki warna dan sudut pandang yang terbaik dari panel-panel lainnya kecuali OLED. Keakurasian warnanya jangan dipertanyakan lagi jelas sangat baik. Walaupun Response Time dibawah panel TN sedikit akan tetapi tidak akan terlihat jauh perbedaanya.

Konten-konten yang memanjakan mata seperti konten HDR akan benar-benar kalian nikmati di layar IPS. Dari segi harga panel IPS sebenarnya tidak terlalu mahal jadi jika ada pilihan IPS lebih baik pilih IPS dari pada TN.

Apa panel TN benar-benar buruk? tentu saja tidak. Anggapan tersebut terlalu berlebihan karena banyak orang yang berfikir bahwa semakin maju teknologi maka komponen yang digunakan harus canggih juga. Padahal asal bisa digunakan dan masih sangat layak itu sudah lebih dari bagus.

Jenis panel yang digunakan salah satu yang biasanya dikorbankan oleh pihak produsen saat membuat Laptop. Jadi sebenarnya kalian bisa mendapatkan Laptop dengan spesifikasi tinggi dengan harga murah, kenapa bisa? karena produsen mengorbankan panel layar untuk mengurangi ongkos produksi.

Itu saja penjelasan dari saya, untuk layar pilih yang IPS jika ada saya rekomendasikan karena kenyamanan mata itu nomor satu. Cukup sekian penjelasan dari saya ingin TN atau IPS bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Sebelum saya akhiri bagi kalian yang mengalami proses update Windows 10 lama kalian bisa baca artikel mengenai proses update Windows 10 yang lama atau tidak berjalan. Kalian harus tau tindakan apa yang harus kalian ambil dalam mengatasi permasalahan tersebut.


EmoticonEmoticon