3 Cara Mengatasi Suara Radio FM di HP Kremesek dan Tidak Jernih

3 Cara Mengatasi Suara Radio FM di HP Kremesek dan Tidak Jernih

KEPOINDONESIA.id - Adanya fitur Radio FM di HP saya yakin jarang atau tidak pernah digunakan sama sekali. Mulai dari HP tanpa sistem operasi sampai smartphone yang menggunakan Android dan iOS ada yang namanya Radio FM.

Seperti yang kita ketahui mendengarkan Radio sudah sejak lama tidak diminati oleh orang-orang, hanya beberapa kalangan saja yang menggunakan Radio sebagai sarana hiburan supaya tidak bosan saat melakukan pekerjaan.

Radio FM di HP juga dapat berfungsi seperti itu. Misalnya kalian bosan mendengarkan musik, bosan menonton film, atau bosan mengakses YouTube kalian bisa mencoba menggunakan Radio FM supaya mendapatkan suasana yang berbeda.

Banyak frekuensi yang bisa ditangkap Radio FM di HP, walaupun hasil suaranya tidak terlalu bagus walaupun sudah jelas. Terkadang malah Radio di HP kremesek atau putus-putus dan hasil suaranya tidak jernih.

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan Radio FM di perangkat Android atau iOS tidak jernih. Untuk tau lebih jauh mengenai penyebabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai supaya kalian mengetahuinya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti perbedaan antara soundtrack dan backsound serta solusi suara speaker HP putus-putus saat memutar lagu.

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Radio FM Tidak Jelas


Gunakan Headset Yang Tidak Rusak


Seperti yang kita ketahui di smartphone untuk bisa mengaktifkan Radio FM harus menggunakan headset, earphone atau semacamnya. Kenapa begitu? karena tidak ada antena Radio pada HP dan kita perlu headset sebagai pengganti antena tersebut.

Nah jika headset atau earphone yang kalian miliki sudah tidak normal seperti putus sebelah atau sudah tidak layak pakai, kemungkinan besar bisa mengganggu penangkapan sinyal radio. Oleh karena itu gunakan headset dan earphone yang normal.

Coba Pasang Earphone


Walaupun di banyak ponsel pintar tidak memiliki antena Radio, tetapi di beberapa ponsel Xiaomi ada yang memiliki antena Radio FM bawaan seperti pada Redmi 8A Pro. Jadi tanpa menghubungkan headset kalian tetap bisa mengaktifkan Radio FM.

Tetapi sayangnya fitur ini masih kurang baik, saya pikir malah terlalu buruk. Hasil tangkapan frekuensi Radio tidak bagus yang menyebabkan suara Radio menjadi putus-putus dan tidak jelas. Selain itu di posisi tertentu suara akan hilang sendiri.

Lubang Jack Audio Kotor


Yang terakhir yaitu lubang jack audio 3.5mm untuk menghubungkan headset dan earphone kotor. Jika jack audio kotor saat memutar musik juga akan bermasalah, apalagi saat digunakan sebagai antena Radio FM pasti sinyal yang ditangkap juga kurang kuat.

Untuk membersihkannya kalian bisa menggunakan katembat atau kalian tiup-tiup saja bagian jack 3.5mm supaya kotorannya hilang. Tidak usah terburu-buru yang penting bersih dan tidak membuat suara radio menjadi kresek-kresek.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi suara Radio FM di HP seperti Android tidak jelas atau putus-putus. Memang untuk mendapatkan hasil terbaik wajib menggunakan headset, lebih mahal lebih bagus karena kemungkinan penangkapan sinyalnya juga lebih baik.

Apabila kalian suka sekali mendengarkan radio kalian bisa dengarkan radio secara online di Radio Garden. Ada banyak sekali siaran radio dari seluruh dunia dan untuk radio lokal juga banyak sekali jadi saya yakin kalian tidak akan kecewa. 

Selain itu bagi kalian yang tidak tau cara mengatur suara alarm kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan bagaimana cara mengatur volume alarm supaya lebih kecil atau lebih keras.


EmoticonEmoticon