3 Solusi Tidak Bisa Menghapus File di Komputer dan Laptop

3 Solusi Tidak Bisa Menghapus File di Komputer dan Laptop

KEPOINDONESIA.id - Terkadang kita perlu menghapus file yang tidak berguna setiap saat supaya file-file serupa tidak menumpuk. Bagi kalian yang sering menyimpan file tidak penting di Komputer atau Laptop, mulailah menghapus dari sekarang.

Jika kalian menghapus saat file tersebut sudah banyak, maka proses penghapusan biasanya tidak akan sempurna. Selain tidak sempurna, terkadang juga bisa tidak berjalan dengan tidak lancar ataupun gagal.

Karena saya pernah mengalami tidak bisa hapus file di PC padahal file tersebut hanya sebuah gambar saja. Singkatnya jika saya hapus beberapa gambar termasuk gambar yang tidak bisa dihapus, maka proses penghapusan tidak berjalan.

Tetapi jika saya hapus beberapa gambar dan tidak mengikut sertakan gambar yang tidak bisa dihapus, maka proses penghapusan berjalan lancar seperti biasanya. Dan jika saya ingin mencoba menghapus gambar yang tidak bisa dihapus tadi tanpa file lainnya, tetap saja tidak bisa dihapus.

Setelah saya mencoba beberapa langkah, ternyata berhasil menghapus file gambar tadi yang sangat sulit dihapus. Maka dari itu kali ini saya akan sedikit menjelaskan beberapa cara untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC Windows.

Namun sebelum lanjut mungkin kalian juga bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti letak penyimpanan aplikasi SHAREit di Komputer dan cara merubah tanggal lahir di akun Google dan Gmail.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menghapus File di Komputer


1. Jumlah File Terlalu Banyak


Yang pertama yaitu karena jumlah file terlalu banyak. Jika kalian ingin menghapus sebuah folder namun tidak berhasil alias gagal karena tidak berjalan proses penghapusannya, bisa saja karena jumlah file pada folder tersebut terlalu banyak.

Yang perlu kalian ketahui, semakin banyak jumlah file yang akan dihapus maka akan memakan waktu yang lama juga, walaupun ukuran file hanya sekitar beberapa KB saja. Maka dari itu jika kalian memiliki file-file yang tidak penting dalam jumlah yang banyak, cobalah untuk menghapusnya secara rutin.

2. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi


Berikutnya yaitu karena terlalu banyak membuka aplikasi. Seperti yang kita ketahui proses copy, paste, dan hapus selalu menggunakan proses CPU dan Disk. Maka jika proses CPU dan Disk sedang tinggi-tinggi nya memang tidak disarankan untuk copy, cut, atau delete file dan folder dalam jumlah yang banyak.

3. Error


Yang terakhir yaitu karena error. Error disini seperti yang saya katakan tadi, ada satu file yang tidak bisa dihapus sama sekali. Entah apa penyebabnya, namun untuk masalah yang satu ini sangat mudah dan kalian tidak usah panik.

Solusinya jika kalian terburu-buru untuk menghapus file tersebut, silakan restart perangkat Komputer atau Laptop kalian. Atau jika kalian tidak terburu-buru, maka file yang tidak bisa dihapus akan bisa dihapus jika kita menyalakan Komputer setelah dalam kondisi shut down.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi file yang tidak bisa dihapus. Saran saya memang kalian harus rutin menghapus file atau folder yang tidak penting supaya tidak menumpuk. Setelah menghapus file, pastikan kalian juga menghapus sampah dan cache juga.

Jika kalian ingin menghapus sebuah folder tetapi ingin mengetahui ukuran folder tersebut, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan bagaimana untuk melihat size sebuah folder di PC.


EmoticonEmoticon