Cara Mengaktifkan Metered Connection di Windows 10 Supaya Hemat Kuota Internet

Cara Mengaktifkan Metered Connection di Windows 10 Supaya Hemat Kuota Internet

KEPOINDONESIA.id - Merasa Laptop atau Komputer Windows yang kalian gunakan terlalu banyak memakan kuota internet? jika iya jangan kalian biarkan. Khususnya jika koneksi internet yang kalian gunakan kuotanya terbatas maka kuota kalian akan cepat habis.

Setidaknya ada 2 hal yang sering membuat perangkat Windows boros kuota karena internetnya tiba-tiba berjalan sendiri. Yang pertama karena Windows Update dan yang kedua karena pembauran otomatis Microsoft Store menyala.

Untuk mengakali itu semua kalian harus mengaktifkan yang namanya Metered Connection. Tetapi Metered Connection tidak akan terlalu berpengaruh jika pembaruan Windows 10 belum kalian nonaktifkan dan pembaruan otomatis Microsoft Store juga tidak kalian matikan.

Karena memang Metered Connection hanya sebagai pelengkap supaya koneksi internet yang tidak perlu akan dibatasi oleh sistem atau koneksi dengan bandwith besar akan dibatasi. Sistem akan membatasi aktivitas internet yang memang tidak diperlukan yang berjalan di latar belakang.

Nah yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengaktifkan Metered Connection? cara mudah sekali. Selain itu baik koneksi Ethernet (LAN) atau Wifi tetap bisa dibatasi dengan Metered Connection.

Untuk tau cara mengaktifkannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelumnya kalian bisa baca artikel mengenai tethering hotspot yang tidak bisa digunakan serta solusi mengatasi tidak bisa mematikan koneksi wifi.

Cara Mengaktifkan Metered Connection di Supaya Tidak Boros Kuota di Windows 10


1. Kamu buka Settings lalu pilih Network & Internet

Kamu buka Settings lalu pilih Network & Internet

2. Di menu Network & Internet pada bagian Status silakan kalian klik pada Properties pada jaringan yang sering atau yang sedang kalian gunakan

Di menu Network & Internet pada bagian Status silakan kalian klik pada Properties pada jaringan yang sering atau yang sedang kalian gunakan

3. Perhatikan pada Metered connection, silakan kalian aktifkan

Perhatikan pada Metered connection, silakan kalian aktifkan

4. Setelah Set as metered connection kalian aktifkan maka kedepannya sistem akan membatasi koneksi internet supaya tidak bisa digunakan di aplikasi dan program untuk keperluan yang tidak penting

Setelah Set as metered connection kalian aktifkan maka kedepannya sistem akan membatasi koneksi internet supaya tidak bisa digunakan di aplikasi dan program untuk keperluan yang tidak penting

Sedangkan untuk mematikannya kalian bisa nonaktifkan saja seperti pada saat mengaktifkannya. Perlu di ingat setelan ini hanya berlaku di satu jaringan atau koneksi internet. Jika kalian sering gonta ganti jaringan wifi kalian bisa mengaturnya kembali. 

Banyak yang tidak tau tetapi mengaktifkan Metered Connection sangatlah penting. Selain menghemat kuota dengan cara ini kalian bisa membatasi aktivitas aplikasi dan program yang mencurigakan yang biasanya membutuhkan koneksi internet. 

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini pasti kalian sudah tidak asing dengan aplikasi WinRAR. Apa aplikasi WinRAR itu dan bagaimana cara menggunakannya? jika kalian belum tau kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya mengenai WinRAR yang ada di Windows. 


EmoticonEmoticon