Tips Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Bisa di Tekan Baik Klik Kanan atau Kiri

Tips Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Bisa di Tekan Baik Klik Kanan atau Kiri

KEPOINDONESIA.id - Bagi pengguna Laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan Touchpad. Touchpad adalah piranti pendukung Laptop supaya Laptop bisa digunakan dimana saja. Karena sudah ada keyboard untuk keperluan mengetik maka Laptop butuh fitur untuk bernavigasi.

Oleh karena itu Touchpad dirancang untuk selalu ada pada sebuah Laptop. Saya sendiri jika ada mouse walaupun Laptop yang saya gunakan Touchpadnya sangat nyaman tetap saja saya menggunakan mouse karena lebih enak.

Navigasi menggunakan mouse jauh lebih leluasa dan bisa melakukan berbagai hal dengan cepat. Seperti klik ganda bersamaan dengan drag ikon dengan mouse bisa kalian lakukan dengan mudah. Menggunakan Touchpad juga bisa tetapi lebih sulit bahkan sangat sulit bagi yang tidak terbiasa.

Bagi kalian yang jarang menggunakan Touchpad Laptop wajib mengecek atau menggunakannya sesekali. Karena jika tidak digunakan dalam waktu lama bisa saja Touchpad tidak sensitif atau bahkan error dan tidak berfungsi.

Misalnya kalian mengalami gejala Touchpad tidak bisa di klik seperti klik kanan dan klik kiri tidak berfungsi. Jika tidak berfungsi maka kalian tidak akan bisa melakukan operasi yang ada hubungannya dengan klik kanan dan klik kiri.

Bagaimana solusi atau tips mudahnya? ada tips yang bisa kalian coba. Namun sebelum lanjut ke tipsnya kalian bisa baca artikel mengenai cara atur Touchpad sesuai keinginan seperti cepatnya kursor serta solusi mengatasi kursor mouse geraknya lambat.

Untuk masalah Touchpad yang tidak bisa ditekan biasanya terjadi karena Touchpad sudah lama atau kualitasnya kurang baik. Atau mudahnya karena kalian menekannya kurang pas maka Toudhpad tidak merespon.

Tips dari saya silakan kalian bersihkan Touchpad menggunakan minyak kayu putih. Silakan kalian tetesan sedikit minyak kayu putih ke atas Touchpad lalu gosok atau ratakan menggunakan kapas.

Pastikan benar-benar bersih dan kering. Jika sudah silakan kalian coba dan pastikan menekannya dibagian yang tepat. Khususnya di Laptop keluaran lama maka akan ada bagian tombol dibagian bawah yang fungsinya sebagai klik kanan dan kiri.

Jika sudah normal maka cara tersebut berhasil. Supaya Touchpad tidak error dan bermasalah lagi kalian jaga supaya Touchpad tetap dalam keadaan bersih. Misalnya dengan membersihkan Touchpad dengan minyak kayu putih tidak berhasil maka bisa dikatakan masalahnya cukup serius.

Kalian bisa coba restart perangkat yang kalian miliki. Jika masih tidak berhasil coba matikan Touchpad di Settings lalu aktifkan lagi. Jika tetap tidak bisa digunakan atau error maka masalah bisa terjadi di driver.

Silakan kalian perbarui driver, install ulang driver, atau ganti dengan driver dengan yang lainnya. Cara ini terbilang cukup sulit bagi pemula, jika kalian belum paham mintalah ke teman yang paham atau bisa pergi ke tukang servis Laptop kepercayaan kalian supaya tidak dipatok harga yang mahal.

Kesimpulannya untuk masalah Touchpad solusinya tergantung dari apa penyebabnya. Misalnya karena jarang digunakan kemungkinan bagian atas Touchpad kotor maka perlu kalian bersihkan menggunakan minyak kayu putih.

Cukup sekian penjelasan dari saya, misalnya kalian mengalami masalah lain seperti keyboard Laptop menekan sendiri kalian bisa baca artikel tentang pembahasan tersebut. Untuk solusinya sebenarnya sama saja, jadi jika penasaran kalian bisa langsung saja baca artikelnya.


EmoticonEmoticon