4 Cara Supaya Ikan di Aquarium Tidak Mati Saat Listrik Padam atau Mati Listrik

4 Cara Supaya Ikan di Aquarium Tidak Mati Saat Listrik Padam atau Mati Listrik

KEPOINDONESIA.id - Banyak yang mengeluhkan bahwa ikan hias yang mereka pelihara di Aquarium pasti ada yang mati saat listrik padam. Ikan hias memang sedikit sensitif tidak seperti ikan yang dibudidaya dan dikonsumsi sehari-hari.

Walaupun begitu ada beberapa ikan hias yang terbilang cukup kuat dan tidak gampang mati walaupun tanpa Aerator dan Filter sama sekali. Tetapi yang jelas jika kalian memelihara lebih dari 1 ikan dalam 1 Aquarium kalian perlu memperhatikannya saat listrik padam.

Bisa saja salah satu ikan mati dan menyebabkan ikan lainnya mati juga. Penyebab utama ikan di Aquarium mati saat listrik padam yaitu karena suplai oksigen di air habis. Yang awalnya oksigen di suplai oleh Aerator karena listrik padam maka Aerator tidak bisa menyuplai oksigen.

Bagaimana yang hanya menggunakan Filter, tanpa Aerator ikan tetap hidup tetapi saat Filter mati karena listrik padam ikan yang ada di dalam Aquarium juga ikut mati? Walau tidak terlihat sebenarnya Filter khususnya Top Filter juga memberikan suplai oksigen ke air.

Tiba banyak sebanyak Aerator akan tetapi itu sudah lebih dari cukup. Oleh karena itu jika listrik padam dan Power Head yang bertugas memompa air ke filter mati maka kemungkinan ikan di alam Aquarium mati tetap bisa terjadi.

Bagaimana solusi? ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca tips mengatasi Aerator yang berisik serta solusi pompa filter atau Power Head yang berbunyi kasar.

Tips Supaya Ikan di Aquarium Tidak Mati Saat Listrik Padam


1. Jangan Berikan Makan


Bagi kalian yang memelihara satu ikan di Aquarium atau perbandingan ukuran Aquarium dengan jumlah ikan tergolong sedikit sebenarnya tidak perlu kalian cemaskan saat listrik dirumah kalian padam. Karena ukuran Aquarium besar dan ikan yang ada di dalamnya sedikit maka suplai oksigen di dalam air bisa dikatakan banyak.

Hanya saja yang perlu kalian lakukan supaya kualitas air tidak menurun saat listrik padam kalian jangan memberi makan ikan terlebih dahulu. Karena saat ikan diberi makan sisa dari makanan akan menjadi kotoran yang bisa menurunkan kualitas air.

2. Jangan Temperatur Air


Saya anggap banyak ikan yang lebih suka di suhu air yang cenderung dingin. Saat listrik padam dan Aquarium yang kalian miliki memiliki penutup diatasnya silakan kalian buka penutup tersebut. Dengan membuka penutup dasar air akan mendapatkan udara segar dari luar.

Dengan begitu suhu air tidak akan naik bahkan bisa menjadi lebih dingin. Jika Aquarium kalian biasa saja tanpa ada penutupnya dibagian atas tidak ada yang perlu kalian lakukan dan terus pantau ikan yang ada di dalam Aquarium.

3. Pindah Ikan ke Ember


Jika setelah beberapa jam listrik yang padam belum hidup lagi kalian bisa mulai menyiapkan tempat untuk menampung ikan sementara. Dengan asumsi oksigen di air yang ada di dalam Aquarium sudah habis.

Jika bisa satu ikan di satu tempat bisa menggunakan toples atau ember sesuai dengan ukuran ikan. Tetapi jika ember atau toplesnya terbatas bisa kalian atur supaya oksigen yang ada di air tidak cepat habis karena semakin banyak ikan oksigen akan cepat habis.

4. Siapkan Aerator Berdaya Baterai atau DC


Bagi pecinta ikan hias khususnya yang memiliki banyak ikan dengan harga yang tidak mahal wajib hukumnya untuk memiliki Aerator DC atau Aerator yang menggunakan baterai. Aerator jenis ini bisa kalian gunakan saat listrik dirumah kalian sedang padam.

Cukup Aerator saja tidak perlu Power Head DC. Karena dengan menyuplai oksigen ke dalam air saat listrik padam merupakan hal yang lebih penting daripada memikirkan filtrasi air yang membuat air menjadi lebih bening dan bersih.

Menurut saya asalkan jumlah ikan yang ada di Aquarium masih standar bahkan sedikit kalian tidak perlu melakukan hal apapun yang terpenting jangan memberi makan ikan. Beda kasus jika ikan yang ada di Aquarium banyak maka kalian perlu khawatir mengenai oksigen yang ada di dalam air.

Jadi itu saya tips dari saya semoga kalian pecinta ikan hias yang bingung saat mati listrik ikannya selalu mati bisa sedikit terbantu. Tidak tau perbedaan Pasir Malang dan Pasir Biasa untuk Aquarium? kalian bisa baca artikel yang sudah saya jelaskan sebelumnya.


EmoticonEmoticon