3 Cara Mengembalikan Aplikasi Kamera Bawaan Android Yang Hilang

3 Cara Mengembalikan Aplikasi Kamera Bawaan Android Yang Hilang

KEPOINDONESIA.id - Tidak banyak aplikasi bawaan atau aplikasi default yang bisa dihapus dan tidak banyak aplikasi bawaan yang bisa dinonaktifkan. Jadi bisa saya simpulkan aplikasi yang masih ada fungsinya lebih baik jangan kalian hapus.

Jika memang ada pilihan untuk menghapus atau uninstall aplikasi bawaan atau bloatware tadi silakan kalian hapus saja. Tetapi jika tidak bisa dihapus dan hanya bisa dinonaktifkan kalian bisa pilih-pilih aplikasi apa yang perlu kalian nonaktifkan.

Ada banyak sekali aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus mulai dari aplikasi yang berhubungan dengan sistem Android atau aplikasi biasa saja. Sebagai contoh Google Chrome, bukan termasuk aplikasi penting di sistem Android tetapi aplikasi ini tidak bisa dinonaktifkan.

Berbeda dengan aplikasi penting seperti Kamera, Radio FM, Pengaturan, dan lain-lainnya wajar jika aplikasi ini tidak bisa dinoanktifkan apalagi dihapus. Tetapi apakah pernah kalian mengalami aplikasi kamera bawaan yang ada di HP Android yang kalian miliki tiba-tiba hilang?

Benar sekali aplikasi kamera bawaan bukan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa kalian install dari Play Store. Karena jika aplikasi kamera yang di install dari Play Store misalnya hilang karena tidak sengaja dihapus kalian bisa menginstallnya lagi.

Tetapi bagaimana dengan kamera bawaan? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Seperti cara merubah foto HEIC menjadi JPG serta solusi mengatasi kamera HP yang goyang atau gerak sendiri saat digunakan.

Cara Install dan Mengatasi Aplikasi Kamera Bawaan Android Yang Hilang


1. Restart Perangkat


Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu silakan restart perangkat Android yang kalian miliki. Cara sederhana ini bisa kalian lakukan untuk mengatasi beberapa masalah sistem dan software pada sistem operasi.

Silakan kalian restrart dan cek kembali aplikasi Kamera sudah ada atau muncul atau masih tidak tampil. Jika tetap tidak ada dan masih hilang silakan kalian coba cara berikutnya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2. Cari dan Install Manual


Jika dengan restart perangkat aplikasi Kamera yang hilang tidak kunjung muncul kalian bisa coba langkah berikutnya. Yaitu menginstall aplikasi bawaan secara manual seperti saat menginstall aplikasi yang kalian unduh dari internet bukan lewat Play Store.

Sayangnya untuk mencari file aplikasi bawaan terbilang cukup sulit. Tetapi kalian bisa coba cari di forum atau grup internet yang berhubungan dengan tipe perangkat yang kalian miliki. Ingat file aplikasinya harus sesuai dengan perangkat yang kalian gunakan sekarang.

3. Kembali ke Setelan Pabrik


Jika kalian tidak menemukan file aplikasi kamera yang kalian maksud cara satu-satunya yaitu kembali ke setelan pabrik atau lebih dikenal dengan reset pabrik atau hard reset. Memang semua data di perangkat akan hilang tetapi setelah di reset perangkat akan seperti baru.

Oleh karena itu aplikasi sistem atau bloatware yang hilang atau sudah terhapus akan tetap ada dan muncul. Atau jika kalian tidak ingin terlalu banyak data yang terhapus kalian bisa lakukan backup supaya di beberapa aplikasi tidak perlu settingan ulang.

Saya ingatkan lagi ini khusus untuk aplikasi kamera bawaan, sedangkan untuk aplikasi kamera dari pihak ketiga bisa kalian install ulang dengan mudah. Sangat jarang akan tetapi bisa saja masalah tersebut kalian alami begitu saja.

Sebelum saya akhiri untuk hasil yang maksimal kalian bisa mengatur resolusi dari aplikasi kamera yang kalian gunakan. Bisa kalian atur ke resolusi maksimal atau ke resolusi standar supaya aspek rasionya sesuai.


EmoticonEmoticon