Tips dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Yang Tidak Doyan Pelet

Tips dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Yang Tidak Doyan Pelet

KEPOINDONESIA.id - Louhan salah satu jenis ikan hias yang menjadi ikon ikan hias selain ikan Arwana. Banyak para pecinta ikan hias memilih Louhan dari pada Arwana yaitu karena dari segi perawatan ikan Louhan lebih mudah dan dari segi biaya juga lebih murah.

Antara Arwana dan Louhan memiliki pecinta tersendiri yang memang tidak bisa dibandingkan. Louhan dikenal sebagai ikan air tawar dengan pemeliharaan atau perawatan yang terbilang cukup sulit.

Tetapi jika dibandingkan dengan Arwana jelas Arwana lebih sulit. Antara Louhan dan Arwana memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu gesit dan tidak bisa dicampur dengan ikan lain walaupun sejenis.

Apapun jenis ikannya untuk mempermudah pemberian pakan dan perawatan ikan harus diberi pakan pelet. Bukan hanya sekedar pakan biasa pelet juga mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk ikan.

Nah banyak pecinta Louhan pemula yang bingung kenapa ikan Louhan mereka tidak mau diberi makan pelet. Saat diberi makan pelet ikan Louhan tidak meliriknya sama sekali atau sudah dimakan tapi dimuntahkan kembali.

Kenapa bisa begitu? apakah Louhan yang kalian miliki tidak bisa makan pelet, karena stres, atau karena ada faktor penyebab lainnya? Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai saya akan jawab dan saya beri tips supaya ikan Louhan doyan dengan pelet.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai penyebab dan tips supaya Louhan doyan pelet kalian bisa baca artikel menarik lainnya tentang ikan. Seperti perbedaan ikan Nila dan Mujair serta macam umpan ikan betok yang jitu.

Penyebab Ikan Louhan Tidak Mau Makan Pelet


Jadi sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan ikan Louhan tidak mau makan pelet. Yang pertama karena ikan stres khususnya jika kalian baru membeli ikan Louhan tersebut. Yang kedua karena ikan Louhan memang tidak pernah diberi pelet.

Karena banyak memelihara Louhan biasanya penjual ikan Louhan jarang memberi ikan Louhan pelet dan hanya diberi pakan alami seperti cacing beku. Yang berikutnya karena pelet terlalu besar dan keras.

Cara Supaya Louhan Doyan Makan Pelet


Untuk caranya tergantung dari penyebabnya. Jika karena ikan Louhan stres kalian bisa tunggu sampai ikan tersebut tidak stres. Jika kalian takut ikan Louhan mati kalian bisa beri pakan alami karena saat stres ikan Louhan tetap doyan makan pakan alami.

Sedangkan jika karena ikan Louhan yang kalian miliki sebelumnya tidak pernah diberi makan pelet kalian harus melatihnya. Latihan umum supaya ikan Louhan terbiasa dengan pelet ialah dengan memuasakan ikan Louhan beberapa hari hingga satu minggu.

Dalam keadaan lapar ikan Louhan akan memakan apapun termasuk pelet dan nantinya terbiasa. Sedangkan jika masalah pada pelet karena pelet terlalu keras sebenarnya tidak ada yang perlu kalian lakukan.

Pelet yang keras nantinya akan lembek ketika berada di air cukup lama dan pada akhirnya Louhan akan memakannya walaupun saat dimasukkan ke air ikan Louhan tidak mau memakannya. Masalah utama yaitu pada ukuran pelet.

Ukuran pelet yang terlalu besar sulit diakali supaya bisa dimakan ikan Louhan yang kecil. Walaupun kalian coba potong supaya hasilnya lebih kecil tetap saja ukurannya masih besar dan tidak akan sekecil pelet yang memang dari awal ukurannya sudah kecil.

Jadi perawatan ikan Louhan terbilang cukup mudah. Kalian bisa belajar supaya tau apa yang harus dilakukan kepada ikan Louhan yang kalian miliki. Selain apapun ikan Louhan doyan ikan Louhan salah satu ikan yang daya tahan tubuhnya cukup tinggi jadi tidak gampang mati.

Itu saja yang bisa saya jelaskan selain pakat pelet lebih baik kalian memberikan pakai alami sesekali supaya insting ikan Louhan tetap terjaga. Sering kehabisan pakan saat memancing? kalian bisa baca tips supaya umpan memencing tidak cepat habis.


EmoticonEmoticon