Perbedaan LNB C-band dan KU-Band

Perbedaan LNB C-band dan KU-Band

KEPOINDONESIA.id - TV Satelit atau yang lebih dikenal dengan Parabola memang sangat memanjakan mata penonton karena kualitas siaran jenis TV ini terbilang cukup bagus. Daripada TV analog jelas untuk sekarang ini TV Satelit atau Parabola paling bagus untuk digunakan.

Parabola menjadi andalan supaya bisa menonton TV walaupun di lokasi yang cukup ekstrim di pegunungan. Walaupun jika lokasi memang sangat tidak memungkinkan, tetapi Parabola lebih baik dari pada menggunakan TV Analog.

Parabola atau TV Satelit sekarang ini sudah terbilang cukup murah karena dengan 500 ribu kalian sudah bisa memasangnya dan bisa menonton semua siaran TV lokal. Jika harus membeli paket tergantung dari receiver yang digunakan.

Nah saat menggunakan atau mengoperasikan remote receiver dan memindah dari siaran yang satu ke siaran lainnya kalian mungkin akan melihat tulisan satelit dan tertera C-Band atau KU-Band.

Selain KU-Band dan C-Band sebenarnya masih ada yang lainnya akan tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu KU-Band dan C-Band. Saya akan jelaskan perbedaan antara KU-Band dan C-Band serta kelebihan dari masing-masing satelit.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca artikel lainnya mengenai TV Satelit atau Parabola yang sudah pernah saya bahas. Seperti perbedaan DTV dan ATV serta cara melihat info kekuatan sinyal Parabola.

C-Band


Jenis pita frekuensi C-Band merupakan yang paling umum digunakan sejak dahulu. Alasan kenapa C-Band banyak digunakan yaitu karena dianggap lebih kuat dan stabil khususnya saat hujan deras.

C-Band memiliki frekuensi yang kecil sehingga memerlukan antena Parabola yang lebih besar atau yang dikenal dengan Parabola Jaring. Inilah mengapa saat Parabola mulai populer hanya tersedia Parabola Jaring karena frekuensi yang digunakan rata-rata C-Band.

KU-Band


Dulu memang KU-Band sangat kalah telak dengan C-Band terutama saat hujan deras turun. Tetapi berkat kemajuan teknologi sekarang ini KU-Band bisa dikatakan bisa bersanding dengan C-Band dan sama-sama memiliki kualitas yang bagus.

Karena kualitasnya sudah setara dengan C-Band, KU-Band lebih dipilih karena memang penambang Parabolanya lebih kecil dan pemasangannya lebih mudah. Tidak heran sekarang lebih masyarakat lebih banyak memasang Parabola Mini dari pada Parabola Jaring.

Masalahnya terkadang pengguna bingung ingin memilih yang mana. Jika hanya untuk menonton siaran lokal dari TV Nasional semuanya tersedia. Hanya saja untuk channel tambahannya yang sedikit berbeda dan menyesuaikan dengan receiver.

Pilihan yang sesuai dan jangan yang berlebihan. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Parabola tiba-tiba tidak ada sinyal dan tidak muncul gambar sama sekali? tenang tidak usah panik kemungkinan hanya gangguan sebentar.


EmoticonEmoticon