3 Solusi Mengatasi Aplikasi PowerDirector Tidak Bisa Export Video

3 Solusi Mengatasi Aplikasi PowerDirector Tidak Bisa Export Video

KEPOINDONESIA.id - Cyberlink PowerDirector atau yang lebih dikenal sebagai PowerDirector merupakan salah satu aplikasi video editing yang bisa kalian gunakan selain Kinemaster di Android. Sama-sama memiliki berbagai fitur yang menarik PowerDirector juga menjadi salah satu yang paling banyak digunakan.

Antara Kinemaster dan PowerDirector memang konsepnya sedikit berbeda. Ada beberapa fitur yang ada di PowerDirector tetapi tidak ada di Kinemaster dan ada beberapa fitur yang ada di Kinemaster tetapi tidak ada di PowerDirector.

Di Kinemaster masalah export file menjadi masalah yang cukup ditakuti karena sangat sering terjadi video yang sudah kalian edit tidak bisa di export sama sekali walaupun sudah menurunkan kualitas exportnya.

Mengenai Kinemaster yang tidak bisa save dan export sudah pernah saya bahas, jika kalian penasaran kalian bisa baca artikel tersebut. Tidak seperti Kinemaster, PowerDirector hampir bisa digunakan untuk berbagai jenis file video.

Asalkan video bisa dibuka dengan PowerDirector maka video tersebut sudah pasti bisa di export. Bahkan biasanya PowerDirector digunakan untuk mengkompress file video yang tidak bisa dibuka di Kinemaster supaya bisa dibuka.

Walaupun begitu ada beberapa penyebab yang tetap bisa menyebabkan aplikasi PowerDirector tidak bisa digunakan untuk export video. Untuk tau apa saja penyebabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian perlu tau membahas beberapa pembahasan mengenai video editing yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti penyebab audio di video tidak jelas serta kenapa hasil screen recording tidak memiliki suara.

Penyebab Aplikasi PowerDirector Tidak Bisa Export Video


1. Tidak Ada Ruang Bebas


Tidak hanya di PowerDirector saja tetapi hampir semua aplikasi editing video jika tidak ada ruang penyimpanan yang tersedia maka tidak akan bisa melakukan proses export atau simpan video.

Jadi kalian pastikan di penyimpanan yang kalian gunakan baik penyimpanan telepon atau kartu SD ada ruang bebas yang cukup banyak. Jika tidak cukup proses export akan gagal di tengah jalan dan kalian harus mengulanginya dari awal.


2. Perangkat Tidak Kuat


Memang hampir semua video bisa di export di PowerDirector tidak seperti di Kinemaster. Tetapi jika video yang kalian edit berlebihan seperti memiliki durasi video yang panjang dengan size yang besar.

Kemungkinan besar video tetap akan bisa di export tetapi karena perangkat yang kalian gunakan pas-pasan spesifikasinya maka akan ada sedikit kendala seperti aplikasi PowerDirector yang tidak merespon atau keluar sendiri/force close.

3. Meninggalkan PowerDirector Saat Proses Export


Bagi kalian pengguna Kinemaster pasti sudah tau bahwa saat export video tidak disarankan untuk berpindah aplikasi. Selain memperlambat proses rendering juga bisa mengakibatkan proses export video gagal.

Tidak hanya di Kinemaster hal tersebut juga berlaku di PowerDirector. Oleh karena itu jika kalian sedang export video di PowerDirector silakan kalian tunggu sampai proses export selesai jika perlu durasi layar di setelan kalian atur sedikit lama supaya layar tidak mati.

Kesimpulannya walaupun jarang atau tidak ada error saat export video di PowerDirector tetapi tetap ada faktor lainnya yang bisa mempengaruhi proses export video. Belaku juga untuk aplikasi yang ada di perangkat desktop seperti Sony Vegas Pro dan Adobe Premiere.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan dan apa kalian pernah dengan istilah Throttling? jika pernah dengar dan belum tau apa artinya kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan CPU Throttling pada semua perangkat.


EmoticonEmoticon