3 Solusi Kursor Mouse Tidak Bisa Bergerak Secara Tiba-Tiba

3 Solusi Kursor Mouse Tidak Bisa Bergerak Secara Tiba-Tiba

KEPOINDONESIA.id - Mouse masih menarik banyak pengguna Laptop walaupun sebenarnya tanpa Mouse pengguna bisa menggerakkan kursor. Seperti yang kalian ketahui di Laptop ada Touchpad yang berfungsi layaknya sebuah Mouse.

Dapat digunakan untuk menggerakkan kursor Mouse ke segala arah serta dapat digunakan untuk klik kanan dan klik kiri. Tetapi tetap saja kemudahan dan kelincahan tidak sebanding dengan Mouse.

Untuk aktivitas yang cepat dan insentif Touchpad tidak begitu membantu. Karena sulit dioperasikan di beberapa kondisi. Berbeda dengan Mouse yang bisa digunakan untuk apapun itu kegiatannya dengan mudah dan cepat.

Terlalu sering digunakan dan penggunaan yang tidak biasa terkadang menyebabkan kursor Mouse tidak bergerak secara tiba-tiba. Singkatnya walaupun Mouse sudah di gerakan ke kanan dan ke kiri tetapi kursor tidak bergerak sama sekali.

Respon klik kanan dan klik kiri juga tidak berfungsi. Bagaimana jika kursor Mouse tiba-tiba tidak bergerak atau Mouse tidak berfungsi secara tiba-tiba? Untuk tau solusi dan cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi kursor Mouse bergerak lambat serta cara menghitung luas tanah secara online. Berikut beberapa solusi dan langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Mouse yang tidak berfungsi.

Solusi Mouse Tidak Berfungsi Secara Tiba-Tiba


1. Port USB Kendor


Penyebab yang paling umum terjadi yaitu karena Port USB yang ada di CPU dan Laptop tidak terhubung dengan benar. Port USB Mouse rawan kendor karena penggunaan yang cukup ekstrim.

Kadang Mouse tertarik hingga kabel menjadi tegang. Lambat laun USB yang terhubung ke Port USB akan kendor dan Mouse tidak akan terdeteksi. Oleh karena itu pastikan Mouse kalian terhubung dengan benar.

2. Pastikan Mouse Terhubung Dengan Bluetooth


Mouse Bluetooth adalah salah satu jenis Mouse yang paling banyak digunakan pengguna Laptop yang sering berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain. Seperti namanya, Mouse ini tanpa kabel dan hanya mengandalkan koneksi Bluetooth saja.

Jika Mouse Bluetooth tiba-tiba tidak berfungsi dengan ciri kursor tidak bergerak kemungkinan hubungan Mouse Bluetooth dengan Adaptor terputus. Kalian bisa memastikannya terlebih dahulu.

3. Gunakan Alas Mouse Yang Terbaik


Seperti yang kalian ketahui Mouse bisa berfungsi jika digunakan di tempat yang datar. Artinya Mouse harus menempel dengan alas supaya kursor Mouse bisa bergerak. Semua benda sebenarnya bisa digunakan sebagai alas Mouse.

Akan tetapi tidak semuanya berfungsi. Karena terkadang Mouse tidak merespon di beberapa bahan tertentu. Lebih baik memang menggunakan Mousepad, karena Mousepad sudah dirancang khusus sebagai alas Mouse.

Jadi itu dia beberapa penyebab dan solusi mengatasi kursor Mouse yang tiba-tiba tidak berfungsi dan tidak bisa di gerakan. Semoga kalian yang sedang mengalami masalah serupa bisa terbantu dengan adanya artikel ini.

Dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca rekomendasi Mouse gaming yang pernah saya bahas sebelumnya. Tentu saja tidak perlu Mouse yang mahal, kalian bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.


EmoticonEmoticon