Pengertian CTTO di Sebuah Video dan Artikel

Pengertian CTTO di Sebuah Video dan Artikel

KEPOINDONESIA.id - Sudah tidak asing lagi melihat sebuah konten yang ada di internet ditemui di berbagai tempat dan pemilik konten atau karyanya berbeda-beda. Semakin populer dan menarik konten tersebut, maka kemungkinan akan di ambil dan di unggah ulang oleh orang lain semakin besar.

Memang suatu hal yang ada di internet bisa diambil atau disimpan dengan mudah walaupun ada lisensinya. Tetapi tindakan tersebut tidaklah baik khususnya yang sengaja mengambil supaya bisa digunakan untuk kepentingan diri pribadi.

Kemudahan dan banyaknya video bagus yang di unggah oleh seseorang di internet membuat mengunggah konten yang sudah ada lebih menarik dari pada membuatnya sendiri. Supaya tetap menghargai pemilik dan tidak disangka konten milik pribadi muncul lah istilah CTTO.

CTTO belakangan ini sering digunakan di artikel dan video yang diambil dari orang lain. Selain menuliskan sumber atau source, kini pengguna media sosial lebih bijak lagi dengan menyertakan tulisan CTTO.

Sebenarnya apa itu CTTO? apa beberapa dari kalian ada yang tau?. Saya yakin banyak yang belum tau bahkan yang belum pernah mendengar atau melihat istilah CTTO juga sangat banyak. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu yang dinamakan CTTO.

Namun sebelum lanjut saya akan menjelaskan beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi tidak bisa cek saldo e-money serta apa yang dimaksud dengan buta map.

CTTO sendiri singkatan dari Credit to the owner atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan milik dari pembuat atau penciptanya. Jadi CTTO menjelaskan bahwa konten yang di unggah oleh seseorang tadi bukanlah konten atau karya milik pribadi.

Dengan mengatakan CTTO pengunggah menjelaskan bahwa hak cipta dimiliki oleh pembuat konten tadi baik konten artikel ataupun konten video. Biasanya penggunaan CTTO digunakan saat tidak tau siapa pemilik atau pembuat konten asli tersebut karena sudah di unggah oleh banyak orang.

Sedangkan jika tau pemiliknya biasanya akan ditulis siapa pemilik konten tadi beserta tautan menuju konten atau profil si pembuat. CTTO lebih baik dan patut dilestarikan dan jangan pernah mengakui konten atau karya dari seseorang.

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai Credit to the owner atau yang sering disebut dengan CTTO. Tidak tau apa yang dimaksud Kontak Person dan kenapa harus menghubunginya? kalian bisa simak artikel tentang Kontak Person jika memang belum tau.


EmoticonEmoticon