IMEI 1 Dan IMEI 2, Apa Bedanya?

IMEI 1 Dan IMEI 2, Apa Bedanya?

KEPOINDONESIA.id - Saya yakin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya IMEI. Sejak peraturan IMEI diterapkan di Indonesia IMEI selalu menjadi topik pembahasan dan saya yakin orang awam yang awalnya tidak mengerti tentang IMEI menjadi mengerti.

Sebelum ada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) sangat jarang terdengar dan pengguna tidak akan memikirkan yang namanya IMEI saat membeli HP baik bekas atau baru ataupun resmi atau tidak resmi.

Tetapi sekarang, jika kalian tidak memperhatikan yang namanya IMEI nantinya HP kalian bisa tidak muncul sinyalnya. Alias setelah kartu SIM ditambahkan sinyal tidak akan muncul karena IMEI di HP kalian sudah diblokir.

IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berjumlah 15 digit dan setiap ponsel pasti memilikinya. Dengan IMEI perangkat dapat mengakses internet seluler dengan lancar dan bisa bermasalah jika IMEI tidak ada atau diblokir.

Secara umum seharusnya setiap HP atau ponsel memiliki 1 IMEI dan saat di cek hanya akan muncul IMEI saja. Tetapi di ponsel Android sekarang saat di cek misalnya lewat dial *#06# memiliki dua IMEI yaitu IMEI1 dan IMEI 2.

Apa bedanya IMEI1 DAN IMEI2? untuk tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan VoLTE 1 dan VoLTE 2 serta kelemahan HP dengan dual SIM.

Seperti VoLTE 1 dan VoLTE 2 yang sudah pernah saya bahas, IMEI 1 dan IMEI 2 menunjukan operator seluler yang tersedia. Singkatnya perangkat yang memiliki atau mendukung dual SIM pasti akan memiliki 2 IMEI.

IMEI 1 untuk SIM 1 dan IMEI 2 untuk SIM 2. Apa HP dual SIM pasti memiliki 2 IMEI ? setahu saya iya. Hanya saja tergantung dari pengembang perangkat apakah IMEI 2 ditampilkan atau tidak. Tetapi untuk sekarang ini IMEI2 selalu ditampilkan saat mengecek IMEI.

Sedangkan beberapa tahun yang lalu walaupun dual SIM saat di cek perangkat Android hanya menampilkan satu IMEI saja. Selain IMEI ada juga yang disebut dengan MEID. Apa itu MEID apakah sama dengan IMEI?

MEID dan IMEI berbeda, MEID atau Mobile Equipment Identifier juga sering disebut ESN atau Electric Serial Number merupakan nomor 56 bit yang unik secara global yang mengidentifikasi bagian fisik dari peralatan stasiun seluler CDMA.

Mudahnya jika di perangkat GSM memiliki IMEI sedangkan di perangkat CDMA memiliki IMEI. Apa IMEI dan MEID bisa hilang? tentu saja bisa. Biasanya penggantian Room atau tindakan Flashing bisa menyebabkan IMEI dan MEID menjadi hilang atau null.

Kesimpulannya jumlahnya IMEI tergantung dari dukungan SIM Card pada perangkat yang kalian gunakan. Jika perangkat kalian mendukung 3 sampai 4 kartu SIM kemungkinan IMEI nya juga 3 dan 4 IMEI.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat dan tidak ada kekeliruan. Ingin melihat panggilan terjawab secara detail? kalian bisa baca artikel tentang cara melihat dan mengetahui secara lengkap panggilan tidak terjawab yang masuk ke nomor kalian.


EmoticonEmoticon